Bupati Sanggau mendukung pasar digital bagi IKM-UKM di masa Pandemi | Borneotribun.com -->

Selasa, 16 Juni 2020

Bupati Sanggau mendukung pasar digital bagi IKM-UKM di masa Pandemi


Fhoto : Bupati Sanggau Bersama Kepala Dinas Disperindakop dan UM 

BORNEOTRIBUN I SANGGAU - Kepala Dinas Disperindakop dan UM Sy.Ibnu Marwan SH,M.Si didampingi Kepala Bidang Perindustrian, Silvester Roy Wiranto Senin sore ( 15/6/20 ) berkoordinasi dengan Bupati Sanggau guna menyikapi situasi new normal bagi pelaku usaha di musim Pandemic Covid-19 ini.

Kadis Disperindakop dan UM, Sy.Ibnu Marwan menyampaikan bahwa Gerai Sabang Merah (Samer) yang berlokasi di  Pasar Jaray, Jln.Gajah mada No.42 Kelurahan Beringin Kecamatan Kapuas sudah difasilitasi sebuah inovasi yang berbasis digital dengan membuat website www.geraisamer.com yang platformnya merupakan hasil karya lokal anak Sanggau yang nantinya akan dikoordinasikan dengan Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau untuk menjaring akses informasi seluas-luasnya bagi masyarakat baik pelaku maupun konsumen.

Dalam kesempatan ini, Bupati memilihkan logo geraisamer.com guna dipasang pada website tersebut. Dengan logo yang menarik dan bercirikan kadaerahan tersebut, diharapkan web ini bisa dimanfaatkan bagi ekonomi masyarakat Sanggau, sebagai salah satu cara untuk membantu pelaku IKM dan UKM yang ada di Sanggau.

Dalam testimoninya,Bupati Sanggau, Paolus Hadi mendukung belanja online sebagai salah satu antisipasi penyebaran wabah Covid 19 di Sanggau selain sebagai perluasan pasar produk IKM Sanggau di pasaran global.

Bahkan dalam arahannya, diharapkan Gerai Samer harus bisa memudahkan semua pelaku pasar untuk berjualan online dan harus memanjakan para calon pembeli dengan cara yang mudah. Dan poin pentingnya adalah, bagaimana kita sendiri membeli produk lokal dengan hashtag atau jargon #moliempudirik.

Dalam hal ini, Dinas Perindagkop dan UM juga melaporkan bagaimana Sabang Merah dalam bentuk motif sedang diusulkan dalam pendaftaran Hak agar Karya Ciptanya sebagai ciri khas Kabupaten Sanggau bisa terjaga sebagai nilai-nilai  kedaerahan yang positif. 

Sebagai Gerai yang dibina Pemerintah Daerah, Bupati mengharapkan agar protokoler kesehatan tetap dijalankan dengan baik. Ditambah dengan inovasi belanja pesan antar, kedepan program ini bisa menjadi solusi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, sayuran, kerajinan tangan serta kudapan yang terkemas dengan standar kesehatan. 

Saat ini Bupati Sanggau, Paolus Hadi benar-benar menghimbau agar masyarakat Kabupaten Sanggau bisa merubah kebiasaannya dalam kesehariannya untuk menuju Pola Hidup Baru (PHB) yang tidak hanya dianggap sebagai sebuah jargon baru Sanggau semata tetapi benar-benar dilaksanakan sebagai bagian dari cara kita menghadapi situasi sulit saat ini yang dirasa akan cukup panjang masanya.

Penulis : Libertus
Editor    : Herman




*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar