Cara Mudah Melatih Nafas Ayam Bangkok Agar Panjang Dan Tahan Lama

Ayam Bangkok Karawang
Cara Mudah Melatih Nafas Ayam Bangkok Agar Panjang Dan Tahan Lama

 

BorneoTribun - Cara Mudah Melatih Nafas Ayam Bangkok Agar Panjang Dan Tahan Lama - Sebaik apapun teknik bertarung, seberapa keraspun pukulan, dan sekuat apapun mental ayam bangkok yang kita miliki, jika ia tak memiliki nafas yang panjang dan tahan lama, kemungkinan untuknya bisa menjadi ayam jawara bisa diprediksi tidak akan terjadi. Tak jarang pula akibat nafas ayam yang pendek lantas membuat ayam cengap-cengap sehingga fisiknya menjadi cepat terkuras. 

Dan tidak bisa dipungkiri kalau nafas ayam menjadi salah satu kunci kemenangan di arena. Jadi sebaik apapun kemampuan ayam bangkok yang kita miliki bila tidak diimbangi dengan stamina yang prima maka hasilnya sangat tidak menguntungkan. Dikarenakan ayam kesayngan kita hanya akan bertarung cantik di awal laga, dan terseok-seok menerima pukulan lawan di akhir pertandingan sehingga akan kalah dengan mudah tanpa perlawanan. 

Penyebab ayam aduan memiliki nafas pendek Sebelum kita memasuki pembahasan lebih lanjut sebaiknya kita perlu tahu alasan kenapa nafas ayam lemah. Jadi ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kenapa kondisi nafas ayam tidak bagus, diantaranya : Keturunan Faktor keturunan merupakan penyebab utama kenapa nafas ayam pendek. Anak ayam akan mewarisi gen dari sang induk ataupun pejantan, seperti teknik bertarung, mental dan stamina. 

Jadi tidak bisa dibantah lagi bila faktor keturunan ini menjadi alasan utama ayam lemah. Pola perawatan Selanjutnya pola perawatan juga bisa menjadi penyebab nafas ayam aduan pendek. Tidak hanya berdampak bagi stamina, kesalahan dalam perawatan bisa saja berakibat fatal pada teknik dan mental sang ayam. Maka dari itu perhatikanlah pola perawatan ayam. Ayam cedera Kemudian penyebab lemahnya stamina ayam bisa dikarenakan ayam aduan anda mengalami cedera. 

Nah ini sering sekali terjadi, ayam yang awalnya mempunyai nafas yang bagus kemudian menjadi lemah. Ya tentu saja jika ayam cedera nafasnya akan menjadi pendek. 

Nah sekarang saatnya kita melatih nafas ayam bangkok Mengetahui bahwa nafas panjang atau stamina yang prima adalah modal utama bagi ayam untuk menjadi juara, maka di kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya tentang bagaimana cara melatih nafas ayam bangkok supaya panjang dan tahan lama. 

1.Latihan Fisik 

Latihan fisik yang rutin sangat efektif dalam membangun stamina sekaligus nafas ayam aduan kita. Latihan lari merupakan cara paling awal yang dapat Anda lakukan untuk melatih stamina ayam bangkok jadi tahan lama dan tentu saja memperpanjang nafas dari ayam Anda. Latihan ini dilakukan dengan bantuan ayam untulan. 

Caranya yaitu ayam untul dibawa berlari untuk memancing ayam yang dilatih mau bertarung. Setelah ayam yang dilatih berani, ayam untul ditarik ke belakang agar ayam yang dilatih mengejarnya. Pelatih bisa saja membawa ayam untul berlari agar dikejar oleh ayam yang akan dilatih. 

Saya sarankan, pelatih harus hati-hati agar jangan sampai terkena patukan atau pukulan ayam yang dilatih. Selain itu ada berbagai pola yang bisa anda coba, seperti senam leher, latih lompat, push up dan latihan lainnya. 

2.Renang 

Sebenarnya memberikan pelatihan renang kepada ayam bangkok dapat menambah keseimbangan otot pada seluruh tubuh ayam bangkok itu sendiri. Kendati demikian, selain tujuan tersebut latihan renang juga memberikan beberapa manfaat. 

Ya sudah pasti dapat melatih nafas ayam bangkok agar lebih panjang. Renang dapat membuat ayam berupaya mengatur nafasnya supaya tidak gampang loyo serta bisa menggerakan tubuhnya agar tidak terbenam. 

Bila latihan renang dikerjakan dengan teratur 2 kali satu minggu, juga akan banyak faedah yang bisa Anda dapatkan.  

3.Berikan makanan berkualitas 

Tentu saja ayam bangkok membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang, maka dari itu pemberian pakan berkualitas sangat dianjurkan. Idealnya pakan ayam adalah jagung, dalam hal untuk memenuhi kebutuhan gizi ayam anda bisa memberikan makanan tambahan seperti beras merah, gabah, sayuran dan makanan bergizi Lainnya. Atau anda bisa melihat artikel cara membuat racikan ayam berkualitas satu ini.  

4.Memandikan Ayam secara rutin 

 Supaya nafas ayam bangkok menjadi panjang dan kuat sebaiknya ayam rutin di mandikan. Dengan dimandikan pertumbuhan otot pada ayam akan lebih cepat terbentuk, apalagi ayam muda. Selain itu ayam akan jadi lebih sehat, menjadi bersih sehingga terhindar dari penyakit. Memandikan ayam aduan sebaiknya dilakukan saat pagi hari, lalu setelah itu ayam dijemur.  

5.Menjemur ayam 

Nah setelah dimandikan jangan lupa untuk menjemur ayam supaya bulu ayam cepat kering. Ini akan sangat berguna bagi ayam, di bawah terik matahari ayam akan merasa kepanasan sehingga secara tidak langsung akan melatih nafas ayam. Maka tidak jarang bila ayam baru pertama dijemur akan terlihat kelelahan dan ngos-ngosan. 

6.Abar dengan bungkus paruh 

Memang sudah kebiasaan kita bila melakukan latihan abar hanya membungkus jalu ayam saja, padahal dengan membungkus paruh ayam sangat berguna untuk membentuk stamina dan mental ayam. 

Selain itu dengan dibungkus paruh nya ayam akan kesulitan memukul, bahkan ada beberapa ayam yang tidak bisa memukul tanpa mematuk. Nah ini bagus untuk melatih gaya bertarung ayam supaya lebih variatif.  

7.Memberikan jamu 

 Nah sekarang langkah terakhir, selain makanan yang kaya gizi, ayam bangkok juga perlu diberikan jamu agar nafasnya menjadi kuat. Dari segi penggunaan pemberian jamu pada ayam jauh lebih efektif bila dibandingkan dengan obat-obatan kimia. 

Selain dapat membuat nafas ayam bangkok menjadi panjang dan tahan lama jamu juga dapat menjaga kesehatan tubuh sang ayan, jadi anda bisa memberikan jamu dua atau tiga hari sekali pada ayam sesuai dengan dosis yang dibutuhkan. 

Nah, itulah beberapa cara mudah melatih nafas ayam agar panjang dan tahan lama

Silakan diterapkan secara rutin agar ayam kesayangan Anda bisa memiliki nafas yang panjang dan stamina yang kuat. Semoga bermanfaat!

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Tinggalkan Komentar anda Tentang Berita ini