Inilah Proses Terjadinya Hujan Salju | Borneotribun.com -->

Senin, 26 Oktober 2020

Inilah Proses Terjadinya Hujan Salju

 


Inilah Proses Terjadinya Hujan Salju! Kamu semua tentu saja sudah tidak asing lagi dengan salju, meski Indonesia sendiri tidak pernah merasakan hujan salju, tetapi kamu pasti sangat familiar terhadapnya. Salju ialah benda yang tergolong padat yang pada dasarnya terbentuk dari air, lalu bagaimana ia bisa menjadi saljut? Informasinya lengkap dibawah ini.


Tahapan pertama


Proses terjadinya hujan dari salju ini diawali dari sumber air yang ada di bumi, terkena sinar matahari, sehingga kemudian menjadi menguap. Tahapan yang satu ini menjadi tahapan paling awal atau dasar dalam pembentukan salju ya. kemudian uap air tersebut nantinya akan berkumpul di atmosfer bumi.


Tahap kondensasi


Nantinya sekumpulan uap air tersebut akan mendingin dan kemudian mencapai titik kondensasi, atau yang sering disebut dengan temperature. Di mana gas nantinya akan berubah menjadi benda cair atau bahkan padat. Dalam proses terjadinya hujan salju ini, nantinya ia akan membentuk layaknya awan tentunya.


Dalam proses pembentukan awan inilah, massanya diketahui akan jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan massa udara. Hal tersebut yang mengakibatkan awan mengapung di udara. Dalam proses ini juga uap air akan selalu bertambah, hingga massa yang dimilikinya pun ikut bertambah tentunya. Pada tahapan inilah ketika awan merasa tidak lagi mampu menahan pertambahan massa yang terus bertambah, awan tersebut akan pecah dan mulai menyebarkan sejumlah partikel.


Tahap hujan


Partikel air tersebut masih bersifat murni. Pada saat itu dalam proses hujan salju, air yang tadi jatuh akan membeku di suhu 0 derajat. Tak hanya membutuhkan suhu 0 derajat saja, partikel tersebut juga akan terkontaminasi oleh senyawa lainnya, hingga membantu proses pembekuan. Nantinya partikel tersebut akan bergabung dengan sejumlah partikel lainnya, hingga kemudian mampu membentuk es yang memiliki ukuran cukup besar.


Partikel yang jatuh dan tidak bisa dilelehkan tersebutlah yang hingga kini disebut sebagai salju. Sallju seolah menjadi salah satu daya tarik, banyak orang yang ingin melihat hujan salju secara langsung. Salju juga memiliki keunikan yakni bentuknya yang selalu akan berbda dengan salju yang lainnya.


Itulah informasi yang memang membahas perihal bagaimana terjadinya hujan salju.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar