Kunjungi Entikong, Staf Khusus Mentan Dialog bersama Petani dan Pelaku Usaha | Borneotribun.com -->

Kamis, 26 November 2020

Kunjungi Entikong, Staf Khusus Mentan Dialog bersama Petani dan Pelaku Usaha

Kunjungi Entikong, Staf Khusus Mentan Dialog bersama Petani dan Pelaku Usaha. (Foto: Istimewa)

BorneoTribun | Entikong, Kalbar - Staf khusus Menteri Pertanian bidang Komunikasi Pembangunan Pertanian, Yesiah Ery Tamalagi, S.E., Erick melakukan kunjungan ke kawasan perbatasan Kalimantan Barat, Entikong. Kunjungan tersebut dilakukan selama dua hari pada Rabu dan Kamis (24 November—25 November 2020). 

Dalam kunjungan tersebut, Erick didampingi oleh Kepala Karantina Pertanian Entikong, drh. Yongki Wahyu Setiawan, MH meninjau kawasan pertanian di perbatasan dan berbincang dengan petani serta steakholder terkait.

Kunjungan tersebut merupakan upaya Kementerian Pertanian dalam memastikan bahwa setiap wilayah di Indonesia sudah melakukan modernisasi dalam pembangunan pertanian, berorientasi ekspor, seperti arahan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo. Untuk mengetahui berbagai potensi serta kendala yang terjadi kawasan perabatasan, Erick melakukan dialog bersama petani, pelaku usaha dan penyuluh pertanian di Kecamatan Entikong dan Sekayam. 

“Setiap permasalahan pasti ada jawabannya. Sampaikan kepada penyuluh, berikan datanya, Kementerian Pertanian akan fasilitasi, karena kami memiliki Agriculture War Room, semua data bisa dipantau secara real time,” tutur Erick

Erick berpesan agar petani dan pelaku usaha memanfatkan teknologi serta media sosial untuk memasarkan produk pertanian mereka. Digitalisasi pertanian juga harus didukung oleh penyuluh sebagai perantara antara pemerintah dan petani. 

Pada kesempatan yang sama Erick juga mengapresiasi Karantina Pertanian Entikong dalam mengawasi jalur ilegal di perbatasan untuk membantu menjaga bumi pertanian di perbatasan. Selain itu, menurutnya pendampingan yang dilakukan Karantina Pertanian Entikong membantu petani perbatasan mau dan mampu memproduksi komoditas pertanian beriorientasi ekspor.

"Kepada Karantina Pertanian, terima kasih telah menjaga kedaulatan negeri," tutup Erick

drh. Yongki Wahyu Setiawan, MH, mengungkapkan bahwa sebagai perwakilan Kementerian Pertanian di kawasan perbatasan, pihaknya akan selalu mendukung program utama dari Menteri Pertanian serta melaksanakan tugas pokok karantina. 

“Kami bertugas mengamankan pertanian di perbatasan, tapi juga mendorong agar pembangunan pertanian dilakukan,” tutup Yongki.

(Yk/Lb)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar