Iklan

logo

BSF Luncurkan Teknologi Anti Drone

BorneoTribun
7/03/2021 07:12:00 AM Last Updated 2021-07-03T00:12:42Z
BSF Luncurkan Teknologi Anti Drone
BSF Luncurkan Teknologi Anti Drone.

BORNEOTRIBUN.COM - Setelah ancaman dari drone dan terowongan lintas batas BSF meluncurkan Teknologi Anti Drone. 

Langkah ini dilakakuan sebagai inisiatif untuk menggali ke dalam 500 perusahaan di India untuk menemukan solusi untuk tantangan keamanan perbatasan ini. 

BSF Meluncurkan Teknologi Anti Drone
Bekerja sama dengan Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi (MeitY), BSF pada hari meluncurkan BSF Hi-tech Undertaking for Maximising Innovation (BHUMI) untuk menemukan sistem yang tepat untuk mendeteksi dan menghancurkan drone dari terowongan dengan bantuan dari salah satu perusahaan di India. 

BSF mengatakan inisiatif ini adalah bagian dari misi Atmanirbhar Bharat dan akan mengharuskan Startup India & lembaga utama untuk mengembangkan solusi pribumi yang hemat biaya untuk manajemen perbatasan Inisiatif ini diluncurkan pada fungsi yang diselenggarakan di kantor pusat BSF dengan DG Rakesh Asthana dan Sekretaris MeitY Ajay Sawhney. 

Salah satu tantangan utama yang dihadapi BSF saat ini adalah deteksi terowongan bawah tanah lintas batas di sepanjang perbatasan barat yang memiliki implikasi serius bagi keamanan nasional kita. 

Sudah saatnya upaya berorientasi hasil yang tersatat untuk mengatasi masalah terowongan bawah tanah lintas batas ini dengan solusi teknologi yang inovatif. 

Lebih lanjut, ada juga persyaratan mendesak untuk mengembangkan Teknologi Anti-Drone untuk menghentikan ancaman drone yang digunakan untuk narco-terorisme & serangan terhadap instalasi vital.

Perkembangan ini datang beberapa hari setelah dua drone menjatuhkan dua ID terpisah di pangkalan IAF di Jammu merusak atap sebuah bangunan dan melukai dua personel. 

Insiden ini disebut-sebut sebagai serangan teror pertama yang pernah diluncurkan di India melalui drone. 

BSF sebelumnya mendeteksi senjata dan amunisi yang dijatuhkan oleh drone di Jammu. Tahun lalu, bahkan telah menembak jatuh satu drone tersebut.

MeitY memiliki kumpulan 500 perusahaan yang dapat digunakan untuk membantu BSF menemukan solusi untuk setiap kendala yang terjadi dilapangan. 

Dan perusahaan-perusahaan itu bisa juga diharapkan untuk dapat membantu dalam menemukan solusi komunikasi di tempat-tempat di mana tidak ada jaringan dan juga mendeteksi komunikasi yang tidak sah di zona mati.

Bidang vital penting operasional lainnya adalah perlunya mengembangkan solusi teknologi dalam mendeteksi keberadaan perangkat elektronik di bidang operasi saat ini yang sedang digunakan oleh elemen anti-nasional di beberapa Negara untuk melakukan sebuah kejahatan & kegiatan yang memiliki bantalan langsung pada keamanan nasional kita.

Dalam hal ini BSF telah menemukan solusi untuk sistem komunikasi alternatif yang dapat terbukti efektif di bidang penyebaran  yang ditandai dengan medan yang berbeda & bergelombang yang mencakup bentangan panjang area bayangan di mana tidak ada komunikasi yang memungkin. 

Skenario seperti itu berdampak langsung pada kemanjuran operasi dan dominasi perbatasan. (*)
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • BSF Luncurkan Teknologi Anti Drone

Terkini di BorneoTribun