Iklan

logo

Video peti mati jenazah Virus COVID-19 Jatuh dari Ambulans, Begini Ceritanya

BorneoTribun
7/08/2021 03:56:00 AM Last Updated 2021-07-07T20:56:43Z
Video peti mati jenazah Virus COVID-19 Jatuh dari Ambulans
Video peti mati jenazah Virus COVID-19 Jatuh dari Ambulans. (Gambar tangkap layar)

BORNEOTRIBUN - Video peti mati jenazah COVID-19 yang jatuh dari ambulans di tengah jalan menjadi viral. Peti mati jatuh dari mobil ambulans milik RS PKU Muhammadiyah Sekapuk.

Ya (kejadian) itu Senin (5/7) pukul 19.00 WIB. Dari rumah sakit saya mau ke pemakaman. Kebetulan itu desa. Kecepatan (ambulans) hanya 10 km/jam, kata Direktur RS PKU Muhammadiyah Sekapuk, dr Umi Julaikah Umi Julaikah kepada detikcom, Rabu (7/5/2021).

Umi mengatakan kejadian itu sama sekali tidak disengaja. Jatuhnya peti mati dari ambulans, kata Umi, ada beberapa kemungkinan. Yang pertama faktor kelelahan petugas dan yang kedua faktor trouble pada sistem pintu.

“Ada beberapa kemungkinan, bisa karena (petugas) lelah atau bisa juga karena masalah pada sistem pintu (ambulans). Ini di luar kendali kami dan tidak ada unsur kesengajaan. Padahal sudah diperiksa menurut prosedur. Alhamdulillah keluarga bisa mengerti,” kata Umi.

Umi menjelaskan, dalam beberapa hari terakhir pihaknya banyak membantu penguburan jenazah pasien COVID-19 di rumah sakit dan mereka yang menjalani isolasi mandiri.

Jadi baru-baru ini ada 5 hingga 7 jenazah yang kami bawa ke pemakaman. Kemarin jenazah dari pihak rumah sakit berasal dari lima jenazah yang kami rawat (penguburan jenazah), kata Umi.

Umi menjelaskan, di RS PKU Muhammadiyah Sekapuk terdapat dua ambulans, yakni ambulans jenazah COVID-19 dan ambulans non-COVID-19.

Kalau jenazahnya COVID-19, perlu (disemprot) disinfektan sebelum dan sesudahnya, kata Umi.

Sementara itu, Kapolsek Ujung Pangkah AKP Sujito juga membenarkan kejadian tersebut. Dan tidak ada masalah setelah kejadian itu.

Kejadiannya lusa, Senin malam pukul 20.00 WIB. Setelah kejadian itu, jenazah disemayamkan ke pemakaman desa setempat dan dimakamkan sesuai protokol kesehatan, kata Sujito.

Video berdurasi 30 detik itu memperlihatkan peti mati tergeletak di tengah jalan. Di depan peti mati ada ambulans dengan pintu belakang terbuka dan seorang petugas di dekatnya.

Video malam itu direkam oleh pengendara yang kebetulan berada di belakang ambulans.

Lha, mayite ini geek yang ceroboh. Kok Mayite bodoh sekali, wah wah wah. Mayite sangat bodoh, kicau perekam sambil berjalan di depan ambulans seperti yang terlihat detik.com, Rabu (7/7/ 2021).
Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Video peti mati jenazah Virus COVID-19 Jatuh dari Ambulans, Begini Ceritanya

Terkini di BorneoTribun