Tekanan meningkat bagi Biden untuk mengunjungi Ukraina | Borneotribun.com -->

Senin, 18 April 2022

Tekanan meningkat bagi Biden untuk mengunjungi Ukraina

Tekanan meningkat bagi Biden untuk mengunjungi Ukraina. Gambar Getty
Tekanan meningkat bagi Biden untuk mengunjungi Ukraina. Gambar Getty


Borneo Tribun, New York -- Tekanan meningkat bagi Presiden Biden untuk mengunjungi Ukraina setelah pemerintahannya mengatakan sedang mempertimbangkan untuk mengirim seorang pejabat senior ke negara yang diperangi.


AS telah meningkatkan bantuan militer yang mematikan ketika Rusia berupaya memfokuskan upayanya di Ukraina timur dan akhirnya merebut Mariupol, yang dikepung oleh Moskow setelah berminggu-minggu serangan.


Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Menteri Luar Negeri Dmytro Kuleba pada hari Minggu keduanya menyatakan minatnya agar Biden mengunjungi Ukraina; Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengunjungi negara yang dilanda perang itu awal bulan ini.


Zelensky mengatakan kepada CNN "State of the Union" bahwa dia mengharapkan pemimpin AS akan melakukannya.


“Saya pikir dia akan melakukannya. Dan saya pikir dia — tetapi tidak — maksud saya, itu keputusannya, tentu saja. Dan tentang situasi keamanan, itu tergantung. Maksudku itu. Tapi saya pikir - saya pikir dia adalah pemimpin Amerika Serikat, dan itulah mengapa dia harus datang ke sini untuk melihat," kata Zelensky.


Kuleba mengatakan kunjungan dari Biden “akan menjadi pesan penting dukungan bagi kami” selama wawancara dengan “Face the Nation” CBS, dan dia mencatat bahwa pertemuan antara kedua presiden dapat “membuka jalan” untuk pasokan baru, senjata dan diskusi tentang kemungkinan penyelesaian politik untuk mengakhiri konflik.


Tetapi pemerintahan Biden telah mengindikasikan pengiriman Biden ke Ukraina tidak ada di meja. Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan kepada “Pod Save America” minggu ini bahwa Biden “siap untuk pergi ke Ukraina” tetapi “kami tidak mengirim presiden ke Ukraina.”


"Jadi tidak, itu tidak ada dalam rencana presiden Amerika Serikat," kata Psaki. "Kita semua mungkin harus lega tentang itu."


Hill telah menghubungi Gedung Putih untuk mengomentari komentar terbaru dari para pemimpin Ukraina.


Seruan agar Biden mengunjungi Ukraina datang pada minggu ketujuh invasi Rusia. Rusia telah menguasai beberapa wilayah negara itu, tetapi serangannya terhenti di sejumlah wilayah karena penentangan keras dari pasukan Ukraina.


Zelensky mengatakan kepada CNN pada hari Minggu bahwa Ukraina yakin telah kehilangan antara 2.500 dan 3.000 anggota militer sejak konflik dimulai. Dia juga mengatakan sekitar 10.000 orang telah terluka.


Rusia sekarang tampaknya memfokuskan upayanya di Ukraina timur dan Mariupol, setelah menarik pasukan dari sekitar Kyiv. Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Jake Sullivan awal bulan ini mengatakan pemerintah yakin Rusia sedang "meninjau kembali tujuan perangnya" dan memposisikan ulang pasukannya untuk fokus pada operasi di Ukraina timur dan selatan.


Kuleba tampaknya mengkonfirmasi pandangan itu pada hari Minggu, mengatakan kepada CBS bahwa dia memperkirakan pertempuran sengit akan meningkat di wilayah Donbas timur dalam beberapa minggu mendatang. Dia juga mengatakan Rusia akan berusaha untuk "menyelesaikan dengan Mariupol."


"Ini adalah harapan saya," katanya. “Dan, tentu saja, serangan rudal di Kyiv dan kota-kota lain di seluruh Ukraina tampaknya terus berlanjut.”


Meskipun AS telah memberikan Ukraina lebih dari $2,6 miliar bantuan keamanan sejak invasi dimulai, Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal pada hari Minggu mengatakan kepada ABC "Minggu Ini" bahwa Kyiv membutuhkan lebih banyak sanksi, amunisi dan uang untuk melindungi dirinya sendiri dan demokrasi Eropa.


“Untuk melindungi negara kami, untuk perlindungan demokrasi Eropa – demokrasi, kami membutuhkan lebih banyak sanksi dari mitra Barat kami. Kami membutuhkan lebih banyak amunisi untuk melindungi negara kami dan perbatasan Eropa. Kami membutuhkan lebih banyak keuangan untuk mendukung orang-orang kami, pengungsi kami, pengungsi internal kami, untuk menyelamatkan ekonomi kami untuk pemulihan di masa depan - saya berharap dalam waktu terdekat - karena kami benar-benar siap untuk ini - berjuang untuk serangan Rusia ini, ”kata Shmyhal.


Terlepas dari ekspektasi bahwa pertempuran akan meningkat di timur, Ukraina menolak untuk menyerahkan wilayah untuk mengakhiri konflik dengan Rusia. Zelensky mengatakan kepada CNN pada hari Minggu bahwa Ukraina "tidak akan menyerahkan" tanahnya sendiri.


“Dalam sejarah Ukraina yang berusia berabad-abad, ada cerita bahwa Ukraina telah mengambil beberapa wilayah atau perlu menyerahkan beberapa wilayah. Ukraina dan orang-orang di negara kita benar-benar jelas. Kami tidak ingin wilayah orang lain, dan kami tidak akan menyerahkan wilayah kami sendiri,” kata presiden.


Saat konflik berlarut-larut, bukti kejahatan perang Rusia semakin meningkat. Biden meningkatkan tekanan minggu ini ketika dia mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan “genosida.”


Seorang jaksa Pengadilan Kriminal Internasional sedang menyelidiki tuduhan kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan dan genosida yang dilakukan di setiap bagian Ukraina oleh individu mana pun.


Kanselir Austria Karl Nehammer, pemimpin Uni Eropa pertama yang bertemu dengan Putin sejak awal konflik, mengatakan kepada NBC “Meet the Press” pada hari Minggu bahwa Putin mengatakan dia akan bekerja sama dengan penyelidikan internasional atas kejahatan perang yang dilakukan tetapi mencatat bahwa dia “tidak tidak mempercayai dunia Barat.”


Nehammer juga mengatakan kepada jaringan itu bahwa menurutnya Putin yakin dia memenangkan perang dengan Ukraina.


(YK/HRM)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar