Lomba Pangkas Rambut meriahkan HUT Ke-77 RI di Bekasi | Borneotribun.com -->

Rabu, 17 Agustus 2022

Lomba Pangkas Rambut meriahkan HUT Ke-77 RI di Bekasi

Lomba Pangkas Rambut meriahkan HUT Ke-77 RI di Bekasi
Sejumlah tukang potong rambut menunjukkan keahliannya pada ajang lomba pangkas rambut bertajuk Barber Battle dalam rangka memeriahkan perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Kota Bekasi, Rabu.
BorneoTribun, Bekasi - Lomba pangkas rambut diikuti puluhan tukang cukur digelar sekaligus dalam rangka memeriahkan HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Bekasi, Jawa Barat.

Dalam gelaran bertajuk Barber Battle, Workshop and Hands on Tour ini, para peserta diwajibkan memotong rambut seseorang dalam waktu 30 menit. Tidak hanya mencukur, mereka pun wajib memberikan gaya rambut terbaik mereka. Keahlian dan kreativitas tukang cukur atau capster dituntut pada lomba kali ini.

"Capster itu tentang merawat orang, karena itu kami ingin teman-teman di sini bisa mempelajari sekaligus mempraktikkan bagaimana merawat customer dengan baik sehingga mereka puas terhadap service kita," ucap capster yang menjadi salah satu juri acara ini Afies Ramiro di Bekasi, Rabu.

Sejumlah gaya rambut ditampilkan para capster, mulai dari undercut yang memamerkan rambut klimis rapi, kemudian french crop yang menyajikan wajah lugu dengan poni pendek pada bagian depan, serta gaya rambut mullet yang mirip dengan aktor terkenal Jefri Nichol.

"Potongan-potongan rambut itu lantas divariasikan dengan berbagai teknik. Total ada 29 capster yang unjuk gigi dalam battle kali ini," katanya.

Menurut dia, profesi ini menjanjikan dan memiliki banyak peluang untuk digali lebih dalam lagi sebab memotong rambut tidak semata merapikan penampilan seseorang. Lebih dari itu, ada unsur seni pada proses memotong rambut.

"Ternyata di sini peserta tidak cuma dapat edukasi soal dunia barber lewat workshop tapi kita bisa lihat keahlian capster saling unjuk kebolehan menjadi yang terbaik agar bisa mewakili kotanya. Bukan hanya sekedar cukur rambut, tapi ada seni di dalamnya," katanya.

Lomba antarcapster yang berdekatan dengan HUT Ke-77 RI ini rupanya tidak hanya digelar di Bekasi melainkan secara nasional di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Sebelumnya, MS Glow For Men Barber Battle: Workshop & Hands On Tour ini digelar di Malang, Lamongan, Denpasar, Majalengka, dan Makasar dengan tujuan mencari capster terbaik dari seluruh Indonesia.

"Sebelumnya, kegiatan serupa digelar juga pada Maret-April lalu. Pesertanya banyak juga. Karena animonya tinggi, maka digelar lagi. Targetnya minimal ada 500 capster yang ikut serta," ucap dia.

Kegiatan serupa akan digelar di Karawang, Nganjuk, dan Pekanbaru. Setiap kota dipilih satu capster terbaik untuk mengikuti babak final di Jakarta. Selain dilombakan, mereka juga akan diberi pelatihan dan peningkatan keahlian, mulai teknik mencukur, pelayanan konsumen, hingga pemasaran.

"Sekarang sudah ada lima capster dari lima kota, tinggal menunggu di beberapa kota lain," ucap dia. Hadir pula dalam gelaran kali ini, atlet skateboard tanah air Satria Vijie yang sekaligus duta MS Glow For Men.

(PKS/ANT)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar