Kloset Siram Tertua di China Ditemukan berusia lebih dari 2.400 Tahun | Borneotribun.com -->

Selasa, 21 Februari 2023

Kloset Siram Tertua di China Ditemukan berusia lebih dari 2.400 Tahun

Kloset Siram Tertua di China Ditemukan berusia lebih dari 2.400 Tahun
Sampul: Institut Arkeologi di Akademi Ilmu Sosial China.
JAKARTA - Sebuah toilet dengan sistem pembilasan ditemukan di antara reruntuhan sebuah istana di kota kuno Yueyang di Xi'an (China).

Para arkeolog percaya bahwa usianya lebih dari 2400 tahun, yang sesuai dengan periode pemerintahan tiga kaisar Tiongkok - Qin Xiaogong (381-338 SM), Qin Xiangong (424-362 SM) dan Liu Bang ( 256-195 SM). China Daily menulis tentang itu .

Bagian kamar kecil yang masih ada ditemukan musim panas lalu, tetapi baru sekarang disatukan. Beberapa faktor sekaligus menunjukkan bahwa toilet ini adalah "barang mewah".

Pertama, dia memiliki saluran pembuangan manual. Karena tidak ada saluran pembuangan pada masa itu, ini berarti setelah digunakan, isinya tersapu air.

Kedua, itu terletak di dalam ruangan. Semua ini hanya mampu dilakukan oleh orang yang sangat kaya.

"Ini adalah toilet siram pertama dan satu-satunya yang pernah ditemukan di China. Semua orang di tempat itu terkejut, lalu kami semua tertawa terbahak-bahak," ungkap Liu Rui, peneliti di Institut Arkeologi, Akademi Ilmu Sosial China.

Para arkeolog tidak pernah bisa menemukan bagian atas toilet, jadi mereka tidak bisa mengatakan dengan pasti bagaimana itu digunakan: duduk atau jongkok.

Namun, berdasarkan catatan jamban sebelumnya, seperti ukiran batu di makam bangsawan, mereka condong ke opsi terakhir.

Sebelum penemuan ini, toilet siram manual pertama diyakini telah ditemukan oleh John Harington untuk Ratu Elizabeth I pada abad ke-16.

Penggalian arkeologi di Yuzian dimulai pada 2012. Berkat mereka, para ilmuwan berharap untuk mempelajari lebih lanjut tentang kebiasaan makan orang-orang kuno.

Para ahli sedang menganalisis tanah, berharap menemukan jejak kotoran manusia, tetapi sejauh ini mereka hanya menemukan jejak pupuk.

Editor: Er

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar