Premiere musim ke-3 dari seri Star Wars, The Mandalorian, telah membuat kesalahan besar dalam kisah Star Wars Grogu | Borneotribun.com -->

Sabtu, 04 Maret 2023

Premiere musim ke-3 dari seri Star Wars, The Mandalorian, telah membuat kesalahan besar dalam kisah Star Wars Grogu

Premiere musim ke-3 dari seri Star Wars, The Mandalorian, telah membuat kesalahan besar dalam kisah Star Wars Grogu
Pedro Pascal menghadiri acara peluncuran khusus "The Mandalorian" di Hollywood pada tanggal 28 Februari. Foto oleh JESSE GRANT/GETTY IMAGES.

JAKARTA  - Episode perdana musim ke-3 ini gagal menjelaskan apa yang terjadi pada Grogu dalam The Book of Boba Fett, membingungkan penggemar dan mengabaikan perjalanan emosional karakter.

Meskipun The Mandalorian telah memberikan banyak momen Grogu yang menggemaskan di musim ke-3, episode pertama yang berjudul "The Apostate" juga telah membuat ketidakadilan yang besar terhadap kisahnya. 

Pada akhir musim ke-2, Grogu meninggalkan ayah angkatnya untuk dilatih oleh Luke Skywalker dalam cliffhanger yang emosional, tetapi episode pertama musim ke-3 hampir seolah-olah hal ini tidak pernah terjadi.

Jonathan Majors, Tessa Thompson, Mila Davis-Kent and Michael B. Jordan MOMODU MANSARAY/GETTY IMAGES

Setiap orang yang menonton The Book of Boba Fett tahu bahwa Grogu meninggalkan pelatihan Jedi-nya untuk menjelajahi galaksi dengan ayah angkatnya, tetapi banyak orang yang tidak menonton seri spinoff The Mandalorian merasa bingung mengenai mengapa dan bagaimana keduanya kembali bersama. 

Kami telah berargumen berkali-kali bahwa menyelesaikan konflik terpenting The Mandalorian pada acara karakter lain adalah kesalahan, namun alih-alih belajar dari kesalahan ini dan menjembatani kesenjangan dengan cara yang lebih koheren pada pembuka musim ke-3, Disney justru memperkuat keputusannya untuk beberapa alasan.

"The Apostate" memiliki dua kesempatan besar untuk menjelaskan kepada penonton apa yang terjadi pada Grogu dan Mando di The Book of Boba Fett – pada saat rekapan yang membuka episode dan dalam episode itu sendiri. 

Michael B. Jordan and Marsai Martin ALBERTO RODRIGUEZ/GA/THE HOLLYWOOD REPORTER VIA GETTY IMAGES

Namun sayangnya, The Mandalorian tidak melakukan keduanya. 

Rekapan mengingatkan kita siapa robot IG-11 dari musim 1 dan membahas pengucilan Djarin dari klan Mandalorian-nya dari Book of Boba Fett. 

Kemudian, episode itu bahkan menyebutkan tentang absennya Cara Dune dan aktor Gina Carano, menjelaskan di mana karakter tersebut pergi setelah musim 2. 

Namun, tidak ada yang dijelaskan tentang waktu Grogu bersama Luke, bagaimana Djarin membuat tombak beskar menjadi baju besi rantai untuk anak kecil itu, atau bagaimana mereka bertemu kembali di Tatooine dan mendapatkan kapal baru mereka.

Meskipun eksklusi ini mungkin tidak menjadi masalah besar bagi siapa pun yang menonton The Book of Boba Fett, hal ini menunjukkan bahwa Disney mengasumsikan bahwa semua orang yang menonton The Mandalorian telah menonton dan mengingat apa yang terjadi dalam seri spin-off tersebut juga. 

Memaksa audiens untuk menonton tujuh episode dari seri spin-off yang sama sekali berbeda (dan kurang bagus) sehingga Anda dapat memahami cerita acara utama adalah hal yang sulit, terutama bagi penggemar yang hanya ingin menikmati petualangan Baby Yoda mereka seminggu sekali dan kemudian melanjutkan ke hal lain.

Sebenarnya, sebelum masalah Boba Fett, The Mandalorian adalah seri yang bagus untuk penggemar Star Wars yang casual. 

Tentu saja, musim 2 memperkenalkan karakter seperti Bo-Katan Kryze dan Ahsoka Tano, yang ceritanya meliputi seri TV lain seperti The Clone Wars dan Rebels, tetapi Anda tidak perlu benar-benar menonton mereka untuk memahami peran mereka dalam The Mandalorian. 

Semua yang perlu Anda ketahui tentang mereka terkait dengan The Mandalorian dijelaskan di The Mandalorian. 

Telur Paskah, referensi, dan lore yang lebih dalam ada di sana sebagai bonus jika Anda ingin terlibat dengan mereka.

Ini bukan untuk menentang interkoneksi di seluruh seri Star Wars – dengan seberapa menguntungkannya Marvel Cinematic Universe telah menjadi, alam semesta yang saling terkait yang luas hampir tidak dapat dihindari pada titik ini – tetapi lebih untuk mempertanyakan mengapa momen emosional besar bagi Din dan Grogu bahkan tidak diakui dalam episode pertama musim 3. 

Menolak jalan Jedi dan kembali ke Djarin atas kehendaknya sendiri adalah titik balik besar untuk karakter ini. 

Ini adalah jenis momen karakter yang membuat kita jatuh cinta dengan kisah Star Wars yang lebih intim ini pada awalnya. 

Tidak mengakui keputusan ini sama sekali dalam episode ini tidak hanya membingungkan penggemar yang berharap melihat Grogu melakukan hal-hal Jedi yang keren dengan Luke di The Mandalorian, tetapi juga mengabaikan pentingnya pilihan ini dalam perjalanan Grogu.

Hingga Luke memberikan pilihan antara baju beskar dan lightsaber Yoda kepada Boba Fett di dalam buku "The Book of Boba Fett", Grogu hanya mengikuti saja. 

Tessa Thompson and Jonathan Majors ALBERTO RODRIGUEZ/GA/THE HOLLYWOOD REPORTER VIA GETTY IMAGES

Pertama, Mando harus melindunginya dari para pemburu hadiah, kemudian keduanya pergi dalam sebuah pencarian untuk menemukan seorang Jedi yang dapat melatihnya. 

Kembali kepada ayah angkatnya, itu adalah pertama kalinya kita benar-benar melihat Grogu membuat keputusan tentang hidupnya sendiri dan arahnya, sayangnya "The Mandalorian" tidak mengakui hal tersebut pada kembalinya seri tersebut. (*)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar