Iklan

Iklan

Mulanya Ditolak, Kini Aplikasi TikTok Menjadi Primadona

19/10/20, 08:30 WIB Last Updated 2020-10-19T01:30:03Z



Mulanya Ditolak, Kini Aplikasi TikTok Menjadi Primadona! Siapa yang tidak mengenal TikTok? Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa kecanduan akan aplikasi yang tengah digandrungi ini. Saat sedang berselancar di linimasa twitter, sering video-video dari TikTok yang viral terselip diantaranya, begitupun saat membuka instagram stories dari akun yang diikuti muncul video yang lagi viral di TikTok. Bahkan tidak sedikit sejumlah aktor, selebgram, sampai dengan seorang pejabatpun ikut menggugah video TikToknya.


Fenomena yang terjadi sekarang ini berbeda jauh dengan yang terjadi pada pertengahan tahun 2018, dimana pada awal kemunculannya di Indonesia aplikasi TikTok ini pernah diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).


Kominfo memblokir aplikasi yang berasal dari Negeri China ini dengan alasan bisa menimbulkan kesan negatif bagi anak-anak, akan tetapi pemblokiran tersebut hanya berlangsung selama satu minggu yaitu sejak 3 Juli 2018 sampai 10 Juli 2018.


Tidak membutuhkan waktu yang lama, hanya dengan waktu dua tahun setelah kembali dibuka, TikTok berhasi membuktikan dengan “diakui” oleh warganet Indonesia. Minat pengguna TikTok di Indonesia kini sedang tinggi-tingginya, bahkan selama pandemi covid-19 yang tengah melanda Indonesia pengggunaannya meningkat dibanding dengan masa normal.


Banyaknya tokoh publik yang menggungah video TikTok seakan menjadi tren baru di Indonesia. Selama masa PSBB (pembatasan Sosial Berskala Besar) berlangsung, kebanyakan pengguna aplikasi TikTok ini membuat konten edukasi, makanan, sampai fashion.


Masih ingat dengan kopi dalgona yang sempat viral, melalui tagar #samasamadirumah dan beberapa tips lain untuk memasak saat di rumah menjadi tren sendiri pada saat itu.


Ada juga video konten edukasi dengan tagar #samasamabelajar dan variasi konten lainnya seperti tips sehari-hari atau DIY (Do It Yourself), konten video masak, belajar bahasa, pembahasan mengenai life hack dan video yang lainnya.


Tidak hanya itu tagar #gayadirumah oleh konten fashion dan beauty creator juga sukup menyita perhatian para pengguna TikTok. Karenanya dengan membuat konten TikTok tersebut menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa bosan selama dirumah.


Itu dia sekilas mengenai aplikasi TikTok yang kini tengah banyak digunakan oleh para netizen Indonesia.

 

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Mulanya Ditolak, Kini Aplikasi TikTok Menjadi Primadona

Terkini

Iklan