Dua Jasad Sisa Letusan Gunung 2.000 Tahun Lalu Ditemukan | Borneotribun.com -->

Selasa, 15 Desember 2020

Dua Jasad Sisa Letusan Gunung 2.000 Tahun Lalu Ditemukan

Dua Jasad Sisa Letusan Gunung 2.000 Tahun Lalu Ditemukan
Dua jasad yang diyakini adalah orang kaya dan budak prianya yang melarikan diri dari letusan gunung berapi Vesuvius hampir 2.000 tahun yang lalu. (Foto: AP)

BorneoTribun - Sisa-sisa kerangka dua manusia akibat letusan gunung berapi yang meletus hampir 2.000 tahun lalu ditemukan di Pompeii. Pejabat di taman arkeologi di Italia mengatakan mayat tersebut diyakini sebagai orang kaya dan budak prianya yang berusaha melarikan diri dari kematian akibat letusan Gunung Vesuvius.

Associated Press melaporkan, bagian dari tengkorak dan tulang kedua pria itu ditemukan dalam penggalian reruntuhan tempat yang dulunya merupakan vila elegan dengan pemandangan Laut Mediterania di pinggiran kota Romawi kuno. Kota tersebut hancur akibat letusan gunung berapi pada tahun 79 Masehi.

Pejabat Pompeii mengatakan orang-orang itu tampaknya lolos dari abu vulkanik Gunung Vesuvius, tetapi akhirnya menyerah pada ledakan vulkanik kuat yang terjadi keesokan paginya. Ledakan berikutnya "tampaknya menyerbu daerah itu dari banyak titik, mengelilingi dan mengubur para korban dalam abu," kata pejabat Pompeii dalam sebuah pernyataan.

Mereka mengatakan sisa-sisa dua korban itu berbaring bersebelahan di punggung mereka, ditemukan di lapisan abu abu-abu sedalam setidaknya dua meter.

Seperti yang telah dilakukan ketika sisa-sisa lain telah ditemukan di situs Pompeii, para arkeolog menuangkan kapur cair ke dalam rongga, atau kekosongan, yang ditinggalkan oleh tubuh yang membusuk di abu dan batu apung yang turun dari gunung berapi dekat Napoli modern dan menghancurkan tingkat atas vila.

Teknik yang dirintis pada tahun 1800-an ini tidak hanya memberikan gambaran tentang bentuk dan posisi korban ketika meninggal, tetapi juga membuat sisa-sisa "tampak seperti patung," kata Massimo Osanna, seorang arkeolog yang merupakan direktur jenderal arkeologi. taman dioperasikan di bawah yurisdiksi Kementerian Kebudayaan Italia.

Pria satunya memiliki struktur tulang yang kuat, terutama di area dadanya, dan meninggal dengan tangan di dada dan kakinya ditekuk dan terbuka lebar. Para pejabat memperkirakan ia berusia 30- hingga 40 tahun. Fragmen cat putih ditemukan di dekat wajah pria itu, mungkin sisa-sisa dinding atas yang runtuh.

Kedua kerangka tersebut ditemukan di ruang samping di sepanjang koridor bawah tanah, atau lorong, yang pada zaman Romawi kuno dikenal sebagai cryptoporticus, yang mengarah ke lantai atas vila.

Gunung Vesuvius merupakan sisa dari gunung berapi aktif. Sementara penggalian berlanjut di situs dekat Napoli, wisatawan saat ini dilarang masuk ke taman arkeologi untuk memendam perebakan virus Covid-19. [ah/au]

Oleh: VOA Indonesia

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar