Iklan

logo

Gedung Perpustakaan Sanggau, Diresmikan

Editor
1/21/2021 04:25:00 PM Last Updated 2021-01-29T19:38:49Z

Bupati sanggau, Paolus Hadi

Borneotribun I Sanggau - Pemerintah daerah kabupaten sanggau meresmikan gedung perpustakaan yang berlokasi di jalan H Jl. Agus Salim, Beringin, Kapuas, Sanggau, kamis (21/1/21).

Bupati sanggau, Paolus Hadi menyampaikan pemerintah daerah akan selalu mendukung penuh untuk menumbuhkan minat baca dikabupaten sanggau.

Dikatakannya, dengan diresmikannya gedung perpustakaan, artinya sudah siap difungsikan dan dengan adanya perpustakaan daerah kedepannya pengarsipan dikabupaten sanggau tidak hanya dilakukan secara konvensional tetapi juga bisa di lakukan secara elektronik play store handpone android.   

"Bangunan Perpustakaan ini sangat megah dihiasi dengan ornament karakter suku dayak, melayu dan thionghoa yang ada di kabupaten sanggau sehingga karakter budayannya sangat erat. Dengan diresmikan Perpustakaan Daerah ini agar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat," ujar Paolus Hadi.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sanggau, H. Sukri S.Sos,.M.Si menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada pemerintah daerah kabupaten sanggau.

Tahun anggaran 2019, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan mendapat alokasi anggaran sebesar Rp. 11.619.705.000 yang bersumber dari dana alokasi khusus bidang pendidikan sub bidang perpustakaan daerah untuk program peningkatan sara dan prasarana aparatur dengan kegiatan pembangunan gedung layanan perpustakaan ( DAK Reguler Perpusda ).

"Perpustakaan ini mempunyai fasilitas seperti fasilitas tangga untuk difabel, ruang baca untuk anak-anak yang berkebutuhan khusus. Dengan luas tanah 3.330  meter persegi, bangunan 1.600 meter persegi, lantai dasar 800 meter persegi, dan lantai dua 800 meter persegi," Kata Sukri.

Perpustakaan daerah kabupaten Sanggau juga memiliki sebanyak 32.804 eksemplar buku dengan 13.869 judul. Ada digital 516 eksemplar dengan 258 judul yang terdiri dari karya umum, filsafat, agama, bahasa, ilmu sosial, ilmu pengetahuan murni, seni, olah raga, sejarah dan teknologi serta komputer ada 15 unit. 

Turut hadir dalam peresmian tersebut Kapolres Sanggau, Dandim 1204/Sanggau, Sekda, Forkompinda Sanggau, Ketua PKK, Ketua GOW dan Dharmawanita Persatuan Kabupaten Sanggau, Direktur Utama PT. Malabar Mandiri dan undangan lainnya. (Lb)

Editor : Hermanto







Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Gedung Perpustakaan Sanggau, Diresmikan

Terkini di BorneoTribun