'Ini bukan tempat yang aman': Thierry Henry berhenti dari media sosial, berharap dapat menginspirasi orang lain untuk melawan pelecehan online | Borneotribun.com -->

Sabtu, 27 Maret 2021

'Ini bukan tempat yang aman': Thierry Henry berhenti dari media sosial, berharap dapat menginspirasi orang lain untuk melawan pelecehan online

'Ini bukan tempat yang aman': Thierry Henry berhenti dari media sosial, berharap dapat menginspirasi orang lain untuk melawan pelecehan online
Thierry Henry ingin perusahaan media sosial berbuat lebih banyak untuk mengatasi penyalahgunaan online.

(BorneoTribun) -- Mantan pemain internasional Prancis Thierry Henry mengatakan dia berharap keputusannya untuk menjauh dari media sosial akan menginspirasi orang lain untuk melawan pelecehan rasis dan penindasan online.

Mantan bintang Arsenal dan Barcelona, ​​yang memenangkan Piala Dunia bersama Prancis pada 1998, mengumumkan pada hari Jumat bahwa ia akan keluar dari akun media sosialnya sampai perusahaan teknologi mulai berbuat lebih banyak untuk meminta pertanggungjawaban pengguna atas tindakan mereka.

Pada April 2019, pesepakbola profesional di Inggris dan Wales memboikot media sosial selama 24 jam, tetapi Henry bisa dibilang nama paling menonjol dalam olahraga yang menerapkan boikot jangka panjang.

Keputusannya menyusul serentetan pelecehan rasis online baru-baru ini yang menargetkan pemain sepak bola kulit hitam.

Pemain Rangers Kemar Roofe dan duo Manchester United Anthony Martial dan Fred hanyalah beberapa pemain terbaru yang menerima pesan rasis di akun media sosial mereka.

Henry, yang memiliki 2,3 juta pengikut di Twitter, mengatakan kepada Wartawan Darren Lewis bahwa meskipun media sosial memiliki banyak manfaat, beberapa pengguna menyebarkan postingan mereka dengan cara yang jauh lebih menyeramkan.

"Ini bukan tempat yang aman dan bukan lingkungan yang aman," kata Henry kepada Wartawan Sport. "Saya ingin mengambil sikap dengan mengatakan bahwa itu adalah alat penting yang sayangnya beberapa orang berubah menjadi senjata karena mereka dapat bersembunyi di balik akun palsu."

Dia menambahkan: "Saya tidak mengatakan tidak baik memiliki media sosial, saya hanya mencoba mengatakan bahwa itu harus menjadi tempat yang aman."

"Pada dasarnya, saya melakukan apa yang saya rasakan dan saya berharap ini dapat menginspirasi orang untuk melakukan hal yang sama jika mereka merasakan hal yang sama."

Muhammad Ali

Henry, 43, mengatakan dia mengambil inspirasi dari mantan atlet, seperti petinju Muhammad Ali, yang blak-blakan tentang masalah sosial dan topik seperti Perang Vietnam.

"Muhammad Ali tidak ingin pergi berperang, dia tidak menunggu untuk melihat apakah semua orang bersamanya, itulah yang dia rasakan," kata Henry.

Henry bertekuk lutut mendukung gerakan Black Lives Matter pada 16 Juli 2020.

"Harap dipahami bahwa saya tidak berada di dekat kaliber itu [...] tetapi saya berkata pada diri saya sendiri: 'Thierry, begitulah perasaan Anda, Anda sangat merasakannya.' Itulah yang akan saya lakukan. Untuk menunjukkan itu, jelas, saya tidak senang dengan apa yang terjadi di media sosial. "

Henry, yang baru-baru ini mengundurkan diri sebagai pelatih kepala CF Montreal, mengatakan rasisme dalam sepak bola telah menjadi masalah sepanjang karirnya dan sebelumnya berbicara tentang pelecehan yang dia terima sebagai pemain.

"Segalanya sedikit lebih baik di stadion tapi sekarang masalahnya telah berpindah ke media sosial, di mana orang bisa bersembunyi," tambahnya.

"Anda selalu bisa berkata: 'Oh, sulit untuk melacak siapa itu.' Anda menutup akun itu, mereka dapat membuka satu sama lain. Jadi Anda hanya memindahkan masalahnya.

"Masalah itu sudah berlangsung lama dan ini bukan serangan terhadap siapa pun. Ini tentang membuat tempat itu lebih aman."

Sementara berbicara tentang pelecehan yang dia dan tokoh masyarakat kulit hitam lainnya terima secara online, Henry sadar bahwa masalah pelecehan online memengaruhi semua orang.

Dia mengatakan dia khawatir tentang putrinya yang masih kecil berada di media sosial dan ingin platform untuk memperlakukan pelecehan online dengan "kekuatan" yang sama seperti mereka menangani masalah hak cipta.

"Ketika Anda melihat komentar di media sosial, meskipun Anda memiliki satu juta yang baik, Anda akan berkonsentrasi pada yang buruk karena itulah yang akan menyakitkan," katanya, mencatat efek beracun yang dapat ditimbulkan oleh pesan semacam itu. tentang kesehatan mental seseorang.

"Kadang-kadang Anda mencoba mencari tahu. Apa yang harus saya lakukan? Siapa saya? Apakah yang mereka katakan, apakah benar? Apakah itu benar? Apakah saya seperti ini? Bayangkan saja seorang anak melalui pertanyaan-pertanyaan yang hampir kadang-kadang tidak dapat saya lakukan. "

Tahun lalu, Facebook dan Instagram mengumumkan bahwa mereka akan membentuk tim untuk melawan rasisme dan bentuk diskriminasi lainnya di platform mereka dan menilai bias rasial dalam algoritme mereka.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat, juru bicara perusahaan Facebook mengatakan: "Kami tidak ingin pelecehan diskriminatif di Instagram dan kami menghapusnya ketika kami menemukannya.

"Antara Oktober dan Desember tahun lalu kami mengambil tindakan terhadap 6,6 juta konten ujaran kebencian di Instagram, 95% di antaranya kami temukan sebelum ada yang melaporkannya kepada kami.

"Kami baru-baru ini mengumumkan bahwa kami akan mengambil tindakan lebih keras saat mengetahui ada orang yang melanggar aturan kami di DM dan kami telah membangun alat untuk membantu orang melindungi diri mereka sendiri.

"Kami akan melanjutkan pekerjaan ini, dan mengetahui masalah ini lebih besar dari kami, jadi kami bekerja sama dengan orang lain untuk secara kolektif mendorong perubahan masyarakat melalui tindakan dan pendidikan."

Ketika ditanya apa yang dilakukannya untuk mencegah pelecehan rasis di platformnya, Twitter mengarahkan Wartawan ke pernyataannya baru-baru ini yang menyoroti beberapa tindakan yang diterapkannya.

"Di samping mitra kami dalam sepak bola, kami mengutuk rasisme dalam segala bentuknya," sebagian terbaca.

"Perilaku rasis, pelecehan, dan pelecehan sama sekali tidak memiliki tempat dalam layanan kami. Di Twitter, melindungi kesehatan percakapan publik sangat penting bagi kami, dan ini berarti memastikan Twitter adalah tempat yang aman untuk mengekspresikan diri Anda dan mengikuti percakapan tentang sepak bola.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar