Pemdes Parakan,Rowosari adakan Diklat Linmas | Borneotribun.com -->

Sabtu, 13 Maret 2021

Pemdes Parakan,Rowosari adakan Diklat Linmas


BorneoTribun -- Pemerintah Desa Parakan Kecamatan Rowosari mengadakan Diklat Pelatihan Baris Berbaris (PBB) serta Bela Negara kepada 30 anggota perlindungan masyarakat (linmas).

Kegiatan tersebut bertujuan agar keamanan desa lebih baik dan kondusif.Pelatihan tersebut dilaksanakan di Gunung Tidar Magelang,dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Sabtu (13/3/2021).

Acara dihadiri Camat Rowosari Saefudin S. Sos, Danramil Cahyo suyatno, 
Polsek Rowosari  AKP Zaenal Arifin SH. Kastpol PP Kecamatan Rowosari beserta Perangkat Desa Parakan.

Kepala Desa Parakan H Dul said S.Ag mengatakan,Diksar linmas desa/kelurahan Parakan itu bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada seluruh anggota linmas agar memahami tugas pokok sebagai linmas.

"Seluruh anggota linmas akan dilibatkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Desa Parakan,"kata Said.

“Mengapa dilakukan di Gunung Tidar, Agar Anggota Linmas Kuat mental secara Jasmani dan Rohani,memupuk kecintaan Pada Bangsa dan negara lebih kuat,guna menjaga keamanan dan ketertiban di desa kami.Disela diklat kami sempatkan pula berdoa Tawassul dengan Ziarah kepada para leluhur agar Indonesia dijauhkan dari segala musibah,"tambah Said.

Selain Itu, Danramil Rowosari,Cahyo suyatno menjelaskan kegiatan rutin  pembinaan Pelatihan Baris Berbaris (PBB) kepada Linmas Desa Parakan Kec. Rowosari.

Diantaranya meliputi giat baris berbaris, wawasan kebangsaan, tata pemerintahan desa. Guna kesiapan Linmas dalam menghadapi tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks.

"Giat ini juga merupakan penyiapan komponen cadangan dalam menghadapi perkembangan global, yang menuntut kesiapan seluruh warga negara indonesia dalam mempertahankan kedaulatan NKRI",kata Cahyo.

Senada dengan Danramil Rowosari,Kapolsek Rowosari AKP Zaenal Arifin SH,mengatakan peran Linmas di tingkat Desa sangat diperlukan Guna Jaga Kamtibmas.

"Dengan Pendidikan dasar Wawasan Kebangsaan dan Baris Berbaris memupuk kecintaan kita kepada bangsa dan negara yang kita cinta,bahwa menjaga Kamtimbas adalah peran kita bersama,"jelas Zaenal Arifi

Selain itu, Antisipasi terjadinya anarkis sudah bisa menguasai dalam
Pelatihan Dasar LINMAS  untuk membekali teknik-teknik dasar kemampuan baik secara fisik maupun pengetahuan materi. 

Usai pelatihan ini diharapkan bisa membantu TNI dan Polri dalam pencegahan terjadinya anarkis di tingkat Desa"Imbuh Zaenal.

Oleh: Ahmad Nasirin

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar