AS Waspadai Laporan Tewasnya Pemimpin Boko Haram | Borneotribun.com -->

Sabtu, 22 Mei 2021

AS Waspadai Laporan Tewasnya Pemimpin Boko Haram

AS Waspadai Laporan Tewasnya Pemimpin Boko Haram
Pemimpin Boko Haram, Abubakar Shekau, dilaporkan telah tewas (foto: dok).

BorneoTribun Internasional -- Amerika belum siap mengumumkan kematian pemimpin kelompok teror Boko Haram, meskipun muncul beberapa laporan tentang kematiannya.

“Amerika belum dapat mengukuhkan secara independen laporan-laporan ini dan masih terus memonitor situasi,” ujar juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih pada VOA hari Jumat (21/5) ketika ditanya tentang nasib pemimpin Boko Haram sejak lama, Abubakar Shekau.

Laporan tentang meninggalnya Shekau pertama kali muncul di media sosial awal pekan ini. Laporan itu mengatakan Shekau tewas dalam konfrontasi dengan para pemberontak dari kelompok teror pesaingnya, Islamic State-West Africa, yang ada di bagian timur laut Sambisa Fores di Nigeria. Kawasan ini sebelumnya dikenal sebagai basis operasi Shekau.

Sebagian laporan mengatakan Shekau bunuh diri, baik dengan menembak dirinya sendiri atau meledakkan rompi yang dipenuhi bom, setelah ia tertangkap dan diminta menyatakan kesetiaan kepada kelompok teror ISIS.

Seorang juru bicara tentara Nigeria mengatakan pada media, militer masih menyelidiki laporan-laporan itu, tetapi banyak pejabat dan analis bersikap sangat hati-hati karena sudah beberapa kali muncul kabar tentang kematian Shekau, yang kemudian terbukti tidak benar.

Secara terpisah juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan masih berupaya memastikan laporan itu, dengan mengatakan jika laporan itu benar, “kematian salah seorang teroris paling kejam dalam sejarah Afrika itu merupakan perkembangan positif.”

Tetapi pejabat itu mengingatkan bahwa kematian Shekau bukan alasan untuk bersuka cita. “Kalau pun Shekau terbunuh, terorisme masih menjadi ancaman bagi perdamaian dan stabilitas di kawasan,” ujarnya pada VOA. “Boko Haram bukan satu-satunya kelompok teroris yang beroperasi di wilayah itu,” tambahnya.

AS Tetapkan Shekau sebagai “Teroris Global”

Abubakar Shekau telah memimpin Boko Haram sejak tahun 2009 dan dinilai bersalah menggelar kampanye teror yang telah menewaskan lebih dari 300.000 orang dan memaksa jutaan lainnya melarikan diri dari rumah mereka. Di bawah kepemimpinan Shekau, Boko Haram menjadi terkenal karena menculik sekitar 300 siswi sekolah di Chibok, Nigeria, pada tahun 2014.

Amerika pada tahun 2012 telah menyatakan Shekau sebagai teroris global (“specially designated global terrorist”) dan menawarkan imbalan hingga tujuh juta dolar bagi siapa pun yang dapat memberikan informasi untuk menangkapnya.

Tetapi meskipun telah menjadi target dari berbagai operasi kontra-terorisme, keberadaan Shekau masih belum diketahui. Menurut kajian intelijen baru-baru ini, Shekau masih mengomandoi sekitar 1.500 – 2.000 pemberontak di seluruh Nigeria dan Kamerun.

Namun Boko Haram kini mendapat tentangan kuat dari ISIS-Afrika Barat. Kelompok baru itu didirikan oleh para pemberontak yang sekitar lima tahun lalu berpisah dari Shekau dan memiliki sekitar 3.500 anggota di Nigeria dan negara-negara sekitarnya.

Informasi intelijen yang dipasok negara-negara anggota PBB mengingatkan bahwa ISIS-Afrika Barat tersebut baru-baru ini memperkuat hubungannya dengan kepemimpinan ISIS di Irak dan Suriah. Ada pula indikasi bahwa ISIS-Afrika Barat ini berupaya menggantikan peran Boko Haram. [em/pp]

Oleh: VOA

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar