Ritual Adat Dayak "BALALA NAGARI" Serentak di 3 Kabupaten, Ini Imbauan Kapolsek Menjalin | Borneotribun.com -->

Rabu, 19 Mei 2021

Ritual Adat Dayak "BALALA NAGARI" Serentak di 3 Kabupaten, Ini Imbauan Kapolsek Menjalin

Ritual Adat Dayak "BALALA NAGARI" Serentak di 3 Kabupaten.
Ritual Adat Dayak "BALALA NAGARI" Serentak di 3 Kabupaten.

BorneoTribun Landak, Kalbar - Rumah Adat Dayak Menjalin digelarnya kegiatan "BAHAUM" yakni Rapat Dalam Rangka Pelaksanaan Ritual Adat Dayak "BALALA NAGARI" yang serentak di 3 Kabupaten, salahsatunya di Kecamatan Menjalin, Landak, Rabu (19/5).

Kapolsek Menjalin memaparkan isi dalam rapat tersebut bahwa di Kecamatan Menjalin Kabupaten Landak akan diadakan Balala yang akan dilaksanakan pada Tanggal 27 Mei mendatang.

"Kegiatan ini serempak di Tiga Kabupaten, yakni Kabupaten Landak, Kubu Raya dan Kabupaten Mempawah," ucap Burhan Nuddin.

Ritual Adat Dayak "BALALA NAGARI" Serentak di 3 Kabupaten.

Burhan menurutkan hal ini bertujuan untuk mengurangi aktifitas masyarakat di luar rumah untuk menekan angka Penyebaran Penularan COVID-19 di Kecamatan Menjalin.

Dimana sebelum pelaksanaan ritual adat balala Nagari di Kecamatan Menjalin akan dilaksanakan ritual adat dayak "Muang Parahu" pada hari Rabu tanggal 26 Mei 2021.

Adapun Rute Arak-arakan dari Keramat Bomi turun ke Sungai Bandung, pasar Menjalin, Mensio, Tanjam, Simpang Raba, Raso, Sepahat, Lonjengan yang berakhir menghanyutkan parahu di pangkalan Sungai Mempawah (Karimawatn Sakayu) Dekat Keramat Pati Patinggi.

Pelaksanaan Ritual adat Dayak "Balala Nagari" merupakan tradisi adat masyarakat dayak sejak jaman dahulu dan sampai saat ini tidak melanggar aturan undang-undang dan norma-norma yg berlaku. 

Kapolsek Menjalin IPTU Burhan Nuddin juga menghimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di Kecamatan Menjalin agar tetap mematuhi kebijakan pemerintah untuk selalu menerapkan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19, dan menjaga situasi tetap aman dan kondusif.

Kegiatan tersebut dihadiri, Camat Menjalin, Kapolsek Menjalin, Danramil Menjalin, Ketua DAD Kecamatan Menjalin, Seluruh Kepala Desa /Perwakilan, Perangkat Adat, Para Tomas, Toga, Todat dan Toda, Petugas Satgas Covid-19 Kecamatan Menjalin.

Oleh: Rinto Andreas/Rodiansyah

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar