Iklan

logo

Hari Lahir Pancasila, Lasarus : Pancasila adalah Pemikiran Adiluhung

Editor
6/01/2021 12:36:00 PM Last Updated 2021-06-01T05:37:24Z

Lasarus (Ist)

BorneoTribun Jakarta Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus dalam momen Hari Lahirnya Pancasila menyebutkan Pancasila adalah hasil negosiasi dari para pendiri bangsa yang kala itu hidup di masa kolonialisme. 

Dikatakannya, Saat negara-negara Asia-Afrika yang sebagian besar terjajah atau baru lepas dari penjajahan mencari bentuk ideologi perlawanan demi meneguhkan kemerdekaannya masing-masing.

Ada kapitalisme, komunisme, sosialisme dan ideologi berhaluan agama. Proklamator RI, Bung Karno lalu meramu energi perlawanan dari berbagai kutub pemikiran dan mencampurkannya dengan formula yang tepat dengan konteks nusantara, maka lahirlah Pancasila. 

"Pancasila juga sebuah etalase yang menampung energi kebaikan dari berbagai ideologi perlawanan yang saat itu menggeliat," Sebutnya, Selasa (1/6/21). 

Selain itu, dengan Pancasila Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dapat terus tegak dan kokoh hingga kini. 

Ideologi Pancasila terbukti menjaga harmonisasi bangsa yang teritori negaranya terpisah kedalam banyak pulau. Yang suku bahasanya berbilang ratusan jumlahnya. 

Harmonisasi dalam keberagaman Bhinneka Tunggal Ika. 

Bahkan aliansi pertahanan negara modern hari ini yang tak lepas dari sisa-sisa ketegangan pernah dingin, tapi Indonesia tetap merdeka dalam menentukan sikapnya dan berpihak pada keadilan, mampu menjalankan politik luar negeri yang bebas aktif di tengah banyaknya ketegangan politik antara negara. 

Indonesia lewat Pancasila bahkan pernah membangun gerbong gerakan non blok dengan menginisiasi konferensi Asia Afrika. 

Pancasila bukan sembarang ideologi negara, tapi ia adalah formula yang lahir dari darah dan keringat para pahlawan. 

"Tugas kita sebagai anak-anak bangsa menjaga, melestarikan dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sebagai warga Negara Indonesia," Ajak Lasarus. 

Redaksi BorneoTribun.com


Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Hari Lahir Pancasila, Lasarus : Pancasila adalah Pemikiran Adiluhung

Terkini di BorneoTribun