30.000 Pasukan Rusia berlatih bersama Militer Belarus selama 10 hari | Borneotribun.com -->

Kamis, 10 Februari 2022

30.000 Pasukan Rusia berlatih bersama Militer Belarus selama 10 hari

30.000 Pasukan Rusia berlatih bersama Militer Belarus selama 10 hari
Beberapa tank tampak bergerak di wilayah Brestsky, Belarus, dalam latihan militer gabungan antara Rusia dan Belarus pada 4 Februari 2022. (Foto: Russian Defense Ministry Press Service via AP)


BorneoTribun.com - Panglima militer senior Rusia, pada Rabu (9/2), tiba di Belarus dan bersiap untuk mengawasi 30.000 pasukan Rusia yang berlatih dengan militer Belarus selama 10 hari.


Hal ini merupakan unjuk kekuatan terbaru yang dilakukan oleh pihak Moskow di sepanjang perbatasan dengan Ukraina.


Rusia telah memindahkan dua batalion yang dilengkapi sistem misil darat-ke-udara S 400 dan pesawat tempur ke Belarus untuk latihan ini, dimana Jenderal Valery Gerasimov, Kepala Staf Umum dari militer Rusia, memegang komando dari latihan yang akan dimulai pada Kamis (10/2/2022).


Latihan gabungan di Belarus ini merupakan ancaman terbaru bagi Ukraina, di mana lokasi ibu kotanya, Kyiv, hanya berjarak 210 kilometer dari wilayah perbatasan di bagian selatan.


Moskow sudah menempatkan kapal perang di Laut Hitam dan menempatkan lebih dari 100 ribu pasukan di sepanjang perbatasan timur dengan Ukraina.


Pemerintah Kyiv mengumumkan latihan militernya sendiri selama 10 hari, yang juga dimulai pada Kamis (10/2), menggunakan pesawat nirawak dan misil anti-tank yang dipasok oleh sekutu Ukraina dari negara-negara Barat. [jm/my]


Oleh: VOA Indonesia

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar