AS, Korea Selatan dan Jepang Bahas Peluncuran Rudal Korut | Borneotribun.com -->

Senin, 07 Februari 2022

AS, Korea Selatan dan Jepang Bahas Peluncuran Rudal Korut

AS, Korea Selatan dan Jepang Bahas Peluncuran Rudal Korut
Warga Korea Selatan menyaksikan berita peluncuran rudal Korea Utara pada sebuah layar televisi di stasiun Kereta Api di Seoul (foto: dok).


BorneoTribun.com - Departemen Luar Negeri Amerika hari Minggu (6/2) mengatakan perwakilan Khusus Amerika untuk Korea Utara akan melangsungkan pertemuan dengan pejabat-pejabat Jepang dan Korea Selatan akhir pekan ini, menyusul serangkaian uji coba rudal balistik yang diluncurkan Korea Utara bulan lalu.


Utusan Khusus Amerika untuk Korea Utara Sung Kim akan melakukan perjalanan ke Honolulu pada tanggal 10-15 Februari untuk menjadi tuan rumah pertemuan trilateral “guna membahas berbagai masalah, termasuk denuklirisasi penuh di Semenanjung Korea.


Dewan Keamanan PBB telah sejak lama melarang Korea Utara melakukan uji coba nuklir dan peluncuran rudal balistik, tetapi Amerika dan negara-negara lain mengatakan negara itu telah melakukan sembilan peluncuran rudal balistik pada Januari lalu, peluncuran terbanyak dalam satu bulan yang dilakukan Korea Utara dalam sejarah program nuklir dan rudalnya.


PBB, dalam sebuah laporan rahasia yang dilihat Reuters, mengatakan satu tahun terakhir ini Korea Utara terus mengembangkan program nuklir dan rudalnya, selain serangan siber terhadap pertukaran mata uang kripto.


Dirjen Jepang Untuk Urusan Asia dan Oseania Funakoshi Tekehiro dan Utusan Khusus Korea Selatan Untuk Urusan Keamanan dan Perdamaian di Semenanjung Korea Noh Kyu-duk juga akan menghadiri pertemuan itu.


“Amerika akan menggarisbawahi kembali komitmennya pada keamanan regional dan perdamaian abadi di Semenanjung Korea,” dalam pertemuan trilateral tingkat menteri 12 Februari mendatang, tambah pernyataan itu. [em/jm]


Oleh: VOA Indonesia

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar