Festival Patung Es Digelar di Danau Terbesar di Dunia | Borneotribun.com -->

Sabtu, 26 Februari 2022

Festival Patung Es Digelar di Danau Terbesar di Dunia

Festival Patung Es Digelar di Danau Terbesar di Dunia
Patung es dalam Festival Seni Internasional "Es dan Salju" yang berlangsung hingga 28 Februari di Gorky Park, Moskow, 20 Januari 2022. (Natalia KOLESNIKOVA / AFP/ilustrasi)


BorneoTribun.com - Danau terbesar di dunia, yang terletak di Rusia, menyelenggarakan festival patung es setiap tahun. Tema sejarah tahun ini, "Dari Kedalaman Berabad-abad" menginspirasi tim yang terdiri dari delapan seniman untuk mencari inspirasi dari era prasejarah.


Patung es terlihat di festival es tahunan di Danau Baikal, danau terbesar di dunia. Pada 19-20 Februari, sejumlah seniman mendirikan patung es untuk mendukung tema tahun ini "Dari Kedalaman Berabad-abad".

Pemandangan dari udara perahu di atas es danau Baikal yang membeku dekat desa Bolshoye Goloustnoye di wilayah Irkutsk, Rusia, 8 Maret 2021
Pemandangan dari udara perahu di atas es danau Baikal yang membeku dekat desa Bolshoye Goloustnoye di wilayah Irkutsk, Rusia, 8 Maret 2021. (REUTERS/Maxim Shemetov/ilustrasi)


Di tengah lokasi pameran, pengunjung akan disambut oleh es batu yang berdiri melingkar, yang menggambarkan Stonehenge di Inggris. Es batu dihiasi dengan replika petroglif (patung batu).


Sekalipun patung-patung ini dibuat dari kompetisi, para seniman mengikuti persyaratan yang sama, yaitu membuat patung es berdasarkan artefak kuno yang sebenarnya.


Lyubov Beshnova, perancang konsep festival menjelaskan, "Baik es batu berdiri maupun pahatan es kami menampilkan artefak yang sebenarnya di dinding. Ini adalah tugas yang sangat penting ketika memilih desain. Kami dihubungi oleh lebih dari 60 pencipta dari Iran, Kazakhstan, Mongolia dan beberapa kota di Rusia, yang diterapkan dari tempat yang berbeda. Delapan desain dipilih di mana konsep dan tema patung sangat dalam dan mencerminkan ide kami "Dari Kedalaman Berabad-abad".


Ada 45 tim yang mengikuti kompetisi tersebut dimana delapan tim lolos ke babak kualifikasi, yaitu Yekaterinburg, Khabarovsk, Yakutia, Perm, Sochi, Izhevsk, Sergiev Posad dan Mongolia.


Festival es diselenggarakan dengan dukungan sutradara Prancis Philippe Dueuil, yang mengunjungi Danau Baikal lima tahun lalu dan jatuh cinta padanya.


Philippe berkata, "Setiap kali saya berbicara dengan teman-teman saya di Prancis tentang festival, mereka terpesona oleh apa yang mereka lihat. Karena itu seperti planet yang berbeda, lingkungannya benar-benar murni dan konsepnya sangat menarik. Karena sangat luar biasa. , dan perasaan yang luar biasa jarang terjadi akhir-akhir ini."


Dia berencana mengadakan pameran foto pahatan es di Prancis musim panas ini.


Foto-foto itu akan mencakup foto patung "Dari Zaman ke Zaman" oleh keluarga Sergei dan Alena Korokov, yang keluar sebagai pemenang di festival tahun ini. Mereka menciptakan patung es berdasarkan kalender berburu kuno yang ditemukan di Republik Komi dari akhir milenium pertama atau awal milenium kedua. Salah satu kesulitan terbesar yang dihadapi pemahat es adalah mendapatkan pahatan es yang mulus tanpa retak.


Esnya semakin pecah jika diambil pada suhu dingin, seperti dulu, minus 25 derajat Celcius saat diambil dari Danau Baikal.


Festival patung es juga dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian rakyat dan kegiatan olahraga. [lj/uh]​


Oleh: VOA Indonesia

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar