Pasukan Elit Amerika Tiba di Polandia, Dekat Perbatasan Ukraina | Borneotribun.com -->

Senin, 07 Februari 2022

Pasukan Elit Amerika Tiba di Polandia, Dekat Perbatasan Ukraina

Pasukan Elit Amerika Tiba di Polandia, Dekat Perbatasan Ukraina
Pasukan AS rombongan pertama ketika tiba di bandara Rzeszow-Jasionka, Polandia (5/2).


BorneoTribun.com - Pasukan elit Amerika hari Minggu (6/2) tiba di bagian tenggara Polandia yang dekat dengan perbatasan Ukraina.


Pasukan ini merupakan bagian dari 1.700 tentara Amerika yang dikerahkan atas perintah Presiden Joe Biden, di tengah kekhawatiran potensi invasi Rusia ke Ukraina.


Pasukan infantri udara Divisi Lintas Udara ke-82 tiba di bandara Rzeszow-Jasionka.


Komandan mereka adalah Mayjen, Christopher Donahue, yang merupakan tentara Amerika terakhir yang meninggalkan Afghanistan pada 30 Agustus lalu.


Biden memerintahkan tambahan pasukan Amerika ke Polandia, Romania dan Jerman untuk menunjukkan kepada sekutu dan sekaligus musuh tentang komitmen Amerika di sayap timur NATO, di tengah meningkatnya ketegangan antara Rusia dan Ukraina.


Polandia, yang merupakan anggota NATO, berbatasan langsung dengan Rusia dan Ukraina. Sementara Romania berbatasan dengan Ukraina.


Divisi ini dapat dengan cepat menyebar dalam waktu 18 jam dan melakukan serangan parasut untuk mengamankan tujuan utama. Divisi yang berbasis di Fort Bragg, North Carolina ini telah berdinas sejak tahun 1917.


Awal pekan ini pesawat-pesawat Amerika membawa berbagai peralatan dan pasukan logistik untuk persiapan kedatangan elemen-elemen divisi ke bandara yang terletak sekitar 90 kilometer dari perbatasan Polandia dengan Ukraina.


Juru bicara Divisi Mekanik ke-18 Angkatan Darat Polandaia, Mayor Przemyslaw Lipczynski mengatakan tentara Polandia sebelumnya telah bekerjasama dengan divisi ini dalam misi di Irak dan Afghanistan, dan telah melakukan latihan bersama.


Sejak tahun 2017 ada sekitar 4.000 tentara Amerika yang ditempatkan di Polandia secara bergilir. [em/jm]


Oleh: VOA Indonesia

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar