Protes terhadap Invasi Rusia ke Ukraina Berkobar di Seluruh Dunia | Borneotribun.com -->

Senin, 28 Februari 2022

Protes terhadap Invasi Rusia ke Ukraina Berkobar di Seluruh Dunia

Protes terhadap Invasi Rusia ke Ukraina Berkobar di Seluruh Dunia
Seorang perempuan Ukraina mengacungkan poster dalam demo memprotes invasi Rusia ke Ukraina, di Los Angeles, AS, Sabtu, 26 Februari 2022. (Foto: Richard Voge/AP)


BorneoTribun.com - Demonstran di seluruh dunia menunjukkan dukungannya kepada rakyat Ukraina pada Sabtu (26/2). Mereka meminta pemerintah untuk berbuat lebih banyak untuk membantu Kyiv, menghukum Rusia dan menghindari konflik yang lebih luas.


Ratusan orang berunjuk rasa di bawah hujan lebat di Sydney, Australia meneriakkan "Ukraina akan menang," sementara para demonstran di Tokyo menyerukan agar Rusia dikeluarkan dari Dewan Keamanan PBB.


Ribuan orang turun ke jalan-jalan di Eropa. Demonstran, termasuk banyak diaspora Ukraina, di London, Nicosia, Berlin, Athena, Helsinki, Madrid dan Milan membungkus diri mereka dengan bendera Ukraina dan membawa poster "hentikan perang".


"Lihat saja orang-orang yang berkumpul di sini dan mereka semua ketakutan... Kami damai selama 80 tahun dan tiba-tiba, ada perang lain di Eropa," kata Stefan Pischel, yang berunjuk rasa dengan sekitar 2.500 orang di alun-alun Karlsplatz Munich.


Di Rusia, aktivis anti-perang juga menyuarakan kemarahan, mencemooh peringatan oleh pihak berwenang untuk melarang mereka melakukan protes. Polisi pada Kamis (24/2) menahan lebih dari 1.600 demonstran di Tanah Air. [vm/ft]


Oleh: VOA Indonesia

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar