Bagaimana Twitter yang dipimpin Elon Musk dapat mengubah media sosial | Borneotribun.com -->

Jumat, 15 April 2022

Bagaimana Twitter yang dipimpin Elon Musk dapat mengubah media sosial

Bagaimana Twitter yang dipimpin Elon Musk dapat mengubah media sosial
Richard Drew / Associated Press


Borneo Tribun, Jakarta -- Tawaran Elon Musk untuk membeli Twitter dapat mengubah lanskap media sosial jika miliarder itu menindaklanjuti niatnya untuk mengubah platform. 


Jika Twitter menerima tawaran Musk, rencananya untuk "membuka" "potensi luar biasa" Twitter, dapat mengarah pada bentuk Twitter dengan kebijakan moderasi konten yang lebih sedikit — dengan cara yang berdampak pada internet di luar Twitter itu sendiri. 


“[Musk] mengambil platform media sosial yang ada secara langsung, mungkin menggunakan kekayaannya untuk mendapatkannya secara langsung, akan memiliki efek riak yang luar biasa pada platform media sosial utama lainnya,” kata Emerson Brooking, seorang rekan senior di Penelitian Forensik Digital Dewan Atlantik Laboratorium. 


“Karena miliarder konservatif atau aktif secara politik lainnya akan mulai berpikir serius tentang bagaimana mereka dapat menggunakan kekayaan mereka untuk memengaruhi platform ini dan aturan yang mengatur platform ini,” tambah Brooking. 


Twitter sering memimpin saingan media sosial dengan praktik moderasi konten yang lebih ketat. Perusahaan itu termasuk yang pertama mengeluarkan mantan Presiden Trump dari platformnya, dan melangkah lebih jauh dari Facebook dengan mengeluarkan larangan permanen terhadap Trump. 


Poin utama Musk dengan platform yang ingin dia miliki berpusat pada "kebebasan berbicara." 


“Saya pikir sangat penting untuk menjadi arena inklusif untuk kebebasan berbicara,” kata Musk pada konferensi TED 2022. 


“Twitter telah menjadi semacam alun-alun kota de facto sehingga sangat penting bahwa orang memiliki realitas dan persepsi bahwa mereka dapat berbicara secara bebas dalam batas-batas hukum,” katanya.


Tidak jelas apakah Musk akan secara surut mengubah salah satu keputusan Twitter, seperti yang melarang Trump atau politisi lain, termasuk Rep. Marjorie Taylor Greene (R-Ga.), tetapi dia mengatakan dia akan "sangat berhati-hati" pada larangan permanen dan berpikir "batas waktu" adalah pilihan yang lebih baik. 


Musk, dalam wawancara TED 2022 yang sama, mengatakan kebijakan pidato Twitter harus “sesuai dengan hukum negara.” Di "area abu-abu," dia mengatakan dia akan condong ke arah membiarkan tweet ada, tapi mungkin tidak mempromosikannya.


“Pertanda baik apakah ada kebebasan berbicara adalah, 'apakah seseorang yang tidak Anda sukai diizinkan untuk mengatakan sesuatu yang tidak Anda sukai.' Dan jika itu masalahnya, maka kita memiliki kebebasan berbicara, dan sangat menjengkelkan ketika seseorang yang tidak Anda sukai mengatakan sesuatu yang tidak Anda sukai. Itu adalah tanda dari situasi kebebasan berbicara yang berfungsi dengan baik, ”kata Musk. 


Pendekatan Musk, untuk memungkinkan hampir semua konten legal federal secara online, lebih mirip dengan alternatif pendekatan, platform condong konservatif seperti Parler, Getter, dan Truth Social milik Trump sendiri telah diambil daripada yang dipilih oleh Twitter dan platform utama lainnya.


“Jelas Twitter tidak menghormati orang terkaya di dunia, dan dia menyadari bahwa meskipun teknologi Twitter bagus, orang-orang yang menjalankannya tidak dapat diperbaiki. Musk telah menjelaskan bahwa untuk diselamatkan, Twitter membutuhkan penghancuran besar-besaran ke yayasan, kepemimpinannya harus disingkirkan, dan ideolog diskriminatif yang menjalankan operasi sehari-hari harus diganti,” CEO Getter Jason Miller, mantan Ajudan Trump, mengatakan dalam sebuah pernyataan. 


Tetapi platform alternatif gagal mendapatkan daya tarik yang sama seperti situs-situs mainstream seperti Twitter.


Truth Social secara khusus berjuang untuk masuk ke pasar — ​​diganggu oleh kurangnya akses di situs karena pengguna menghadapi waktu tunggu lebih dari sebulan setelah mendaftar. 


Konservatif lainnya telah bersukacita atas tawaran Musk untuk membeli Twitter.


Misalnya, Rep. Jim Jordan (R-Ohio) mengatakan di Fox Business bahwa platform media sosial adalah "alun-alun publik hari ini." 


“Di sinilah kita berdebat dalam budaya kita dan di negara kita hari ini. Jadi, mari kita memiliki seseorang yang bertanggung jawab yang benar-benar menghormati Amandemen Pertama dan kebebasan berbicara, ”katanya. 


Partai Republik di Kongres telah lama mengkritik Twitter dan platform arus utama lainnya atas tuduhan menyensor konten dengan bias anti-konservatif. Pendekatan lepas tangan yang dianjurkan oleh Musk mirip dengan metode yang mereka dorong untuk merangkul platform. 


Tetapi pandangan Musk tentang bagaimana memoderasi konten “akan membuka pintu untuk jenis rasisme yang sama, pelecehan yang ditargetkan, seruan untuk melakukan kekerasan dan intimidasi, yang Twitter dan platform media sosial lainnya telah bekerja keras untuk membuang dari layanan mereka,” kata Brooking. 


“Jadi ada banyak jika, tetapi jika Musk mengambil alih Twitter, dan kemudian menerapkan visinya untuk layanan, itu berarti internet yang kurang aman dan dapat diakses,” kata Brooking. 


Musk menulis surat kepada ketua dewan Twitter Bret Taylor yang menawarkan untuk membeli semua saham perusahaan yang belum dimilikinya, diajukan ke Securities and Exchange Commission pada hari Rabu.


Musk dikenal karena trolling online-nya, sering kali di Twitter sendiri, tetapi Dan Ives, seorang analis di WedBush, mengatakan tawaran Musk untuk membeli Twitter sama seriusnya dengan tawaran apa pun yang dibuat miliarder dalam kariernya.


"Ini bukan tontonan, main-main dengan kejenakaan - ini tawaran nyata $43 juta," kata Ives.


Tawaran itu adalah episode terbaru dalam kisah yang dimulai minggu lalu ketika Musk mengakuisisi 9,2 persen saham di Twitter. 


Setelah berita awal, Twitter mengatakan Musk akan bergabung dengan dewan direksi – memicu perdebatan tentang pengaruh Musk terhadap bagaimana platform memoderasi konten, termasuk dari politisi. 


Tetapi pada hari Minggu, CEO Twitter Parag Agrawal mengatakan Musk memutuskan untuk tidak bergabung dengan dewan secara mengejutkan. 


“Saya berinvestasi di Twitter karena saya percaya pada potensinya untuk menjadi platform kebebasan berbicara di seluruh dunia, dan saya percaya kebebasan berbicara adalah keharusan sosial untuk demokrasi yang berfungsi,” tulis Musk kepada ketua dewan. “Namun, sejak melakukan investasi saya sekarang menyadari perusahaan tidak akan berkembang atau melayani keharusan sosial ini dalam bentuknya saat ini. Twitter perlu diubah sebagai perusahaan swasta.”


Musk telah menyarankan perubahan lain pada platform, selain fokus pada "kebebasan berbicara."


Dia menyarankan bahwa Twitter Blue, layanan berlangganan platform, menawarkan "tanda centang otentikasi" yang berbeda dari tanda centang untuk figur publik untuk anggota layanan. 


Dia juga menekan tombol "edit", yang menurut Twitter akan mulai diuji, dengan peringatan bahwa mereka tidak mendapatkan ide dari jajak pendapat Twitter Musk tentang masalah tersebut. 


Ives mengatakan dalam 30 hingga 45 hari ke depan "sinetron" pada tawaran Twitter Musk akan memiliki lebih banyak "episode." 


“Ini adalah waktu keluar popcorn. Sinetron ini akan banyak lika-likunya,” ujarnya. 


Dalam suratnya kepada ketua dewan Twitter Taylor, Musk mengatakan tawarannya adalah "terbaik dan terakhir." 


Miliarder itu memberi tahu audiens TED 2022 jika tawarannya ditolak, dia memang memiliki Rencana B, tetapi dia belum membagikannya.


(YK/ER)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar