Pameran museum yang disita oleh bea cukai Finlandia tiba di Hermitage | Borneotribun.com -->

Selasa, 12 April 2022

Pameran museum yang disita oleh bea cukai Finlandia tiba di Hermitage

Pameran museum yang disita oleh bea cukai Finlandia tiba di Hermitage
Pameran museum yang disita oleh bea cukai Finlandia tiba di Hermitage. (Alexander Demianchuk/TASS)


BorneoTribun Jakarta -- Upaya konsolidasi kami telah membuktikan satu hal: pertukaran budaya menikmati status khusus di bawah hukum internasional saat ini dan tidak jatuh, setidaknya hari ini, di bawah sanksi.


Hal tersebut diakatakan Direktur Jenderal Hermitage Mikhail Piotrovsky Dilansir BorneoTribun dari Tass, Selasa (12/4).


Karya seni dari Museum Pertapaan Negara Rusia, yang ditahan di perbatasan Rusia-Finlandia dalam perjalanan pulang dari sebuah pameran di Italia, telah tiba di Pertapaan untuk dibongkar, seorang koresponden TASS melaporkan pada hari Senin.


Menurut koresponden TASS, setelah membuka segel belakang truk di hadapan petugas Layanan Bea Cukai Federal, spesialis museum mulai membongkar kotak dengan benda-benda seni.


Menurut pakar Hermitage, di antara pameran adalah karya Antonio Canova, Jean-Auguste-Dominique Ingres, Elisabeth Louise Vigee Le Brun, Giulio Carlini, dan lain-lain.


"Ini adalah ketiga kalinya pameran Hermitage akhir-akhir ini. Pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada staf Kedutaan Besar Rusia di Finlandia, Kementerian Luar Negeri kami, Kementerian Kebudayaan, Layanan Bea Cukai, Kementerian Luar Negeri Finlandia dan mitra kami di Italia dan Prancis. Upaya konsolidasi kami telah membuktikan satu hal: pertukaran budaya menikmati status khusus di bawah hukum internasional saat ini dan tidak jatuh, setidaknya hari ini, di bawah sanksi. Ini sangat penting. <…> Kami memiliki lebih banyak pameran. Jadi, kami akan menahan diri dari berkomentar karena pertimbangan keamanan. Semuanya berjalan sesuai jalannya sendiri dan pameran bersiap untuk kembali," kata Direktur Jenderal Pertapaan Mikhail Piotrovsky.


Pameran dari State Hermitage dan museum lain di Wilayah Leningrad disita di perbatasan Finlandia Vaalimaa pada 3 April, ketika mereka dalam perjalanan kembali ke Rusia setelah pameran di Milan, yang ditutup pada 27 Maret 2022.


Pejabat bea cukai Finlandia meminta Komisi Eropa untuk klarifikasi. Kemudian, Komisi Eropa mengatakan bahwa benda-benda seni yang dipinjamkan dari museum Rusia ke institusi di negara-negara Eropa dibebaskan dari sanksi yang dijatuhkan oleh Uni Eropa terhadap Rusia. Selain itu, pameran dari Galeri Tretyakov Negara dan Museum Seni Oriental Negara yang kembali dari Udine ditahan di perbatasan.


Pejabat bea cukai Finlandia meminta klarifikasi dari Komisi Eropa, yang kemudian mengatakan bahwa benda-benda seni yang dipinjamkan dari museum Rusia ke institusi di negara-negara Eropa dibebaskan dari sanksi yang dijatuhkan oleh Uni Eropa terhadap Rusia.


Pada hari Sabtu, karya seni museum Rusia akhirnya melintasi perbatasan ke Rusia.


(YK/ER)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar