Pentagon mendukung klaim Ukraina mengenai kapal perang Rusia dengan dua rudal | Borneotribun.com -->

Sabtu, 16 April 2022

Pentagon mendukung klaim Ukraina mengenai kapal perang Rusia dengan dua rudal

Pentagon mendukung klaim Ukraina mengenai kapal perang Rusia dengan dua rudal
Pentagon mendukung klaim Ukraina mengenai kapal perang Rusia dengan dua rudal.


BorneoTribun, New York -- Pasukan Ukraina menghantam kapal perang Rusia Moskva dengan dua rudal Neptunus, menyebabkannya terbakar dan tenggelam di Laut Hitam, kata Pentagon dikutip The Hill Friday.  


“Kami dapat memastikan kapal Rusia Moskva dihantam oleh dua rudal Neptunus Ukraina,” kata seorang pejabat senior pertahanan.  


Pernyataan AS mendukung laporan pasukan Ukraina, yang pada hari Kamis mengklaim telah menyerang Moskow dengan rudal jelajah anti-kapal, merusak secara serius apa yang dikenal sebagai kapal utama armada Laut Hitam Rusia.  


Rusia hanya mengakui bahwa seluruh awak kapal terpaksa dievakuasi setelah kebakaran semalam menyebabkan amunisi yang disimpan kapal meledak tetapi tidak menyebutkan serangan.  


Angkatan Laut Rusia kemudian berusaha untuk menarik kapal ke pelabuhan di semenanjung Krimea untuk perbaikan, tetapi tenggelam. 


Moskva – yang dapat membawa sekitar 500 awak – menjadi terkenal pada awal invasi ketika memerintahkan pasukan Ukraina di Pulau Ular untuk menyerah, hanya untuk diberitahu “f—” sendiri. Momen itu dibagikan secara luas sebagai seruan dan tanda perlawanan Ukraina.


Tenggelamnya kapal tersebut dapat mendorong peningkatan serangan Kremlin di Ukraina. Kementerian Pertahanan Rusia memperingatkan akan meningkatkan serangan sebagai pembalasan atas serangan terhadap aset Moskow, bahkan ketika terus menyangkal kapal telah berhasil diserang.  


Pasukan Rusia juga bersiap untuk serangan baru di wilayah Donbas di Ukraina timur.  


(YK/ER)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar