Rusia menjatuhkan sanksi kepada 398 anggota Kongres | Borneotribun.com -->

Kamis, 14 April 2022

Rusia menjatuhkan sanksi kepada 398 anggota Kongres

Rusia menjatuhkan sanksi kepada 398 anggota Kongres
Presiden Rusia Vladimir Putin. AP


Borneo Tribun, Moskow - Rusia mengumumkan Rabu bahwa mereka telah memberlakukan sanksi pembalasan terhadap anggota Kongres AS sebagai tanggapan atas sanksi serupa yang dikenakan terhadap lebih dari 300 anggota parlemen Rusia bulan lalu.


Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan dalam sebuah rilis bahwa mereka memberlakukan sanksi "cermin" terhadap 398 anggota Dewan Perwakilan Rakyat AS. Langkah tersebut merupakan yang terbaru dalam serangkaian pembalasan dari pemerintah Rusia sebagai tanggapan atas sanksi AS.


"Orang-orang ini, termasuk pimpinan dan ketua komite majelis rendah Kongres AS, ditempatkan di 'daftar berhenti' Rusia secara permanen," kata Kementerian Luar Negeri Rusia dalam rilisnya.


Daftar tersebut mencakup perwakilan dari kedua sisi lorong, termasuk Reps  Pete Aguilar  (D-Calif.) dan Lauren Boebert  (R-Colo.), di antara ratusan lainnya.


Perwakilan  Dean Phillips  (DN.Y.) menanggapi berita tentang sanksi yang dijatuhkan kepadanya oleh Rusia di Twitter, mengatakan bahwa keluarganya lolos dari “pogrom Rusia” pada akhir abad ke-19 dan diberikan perlindungan di AS


“Hari ini, 120 tahun kemudian, saya diberi sanksi oleh Rusia karena menentang genosida, otoritarianisme, dan tirani yang saya janjikan kepada kakek buyut saya, saya akan bertarung,” tambahnya.


Rep. Brendan Boyle (D-Pa.) bereaksi terhadap berita dimasukkannya dia ke dalam daftar dalam sebuah tweet, dengan mengatakan, "Baiklah, ini dia rencana Liburan Musim Semi saya!"


Rep. Republik Utah John Curtis mengatakan bahwa itu adalah "kehormatan untuk dimasukkan" dalam daftar.


Kementerian mengatakan bahwa mereka berencana untuk memperluas daftar larangan perjalanan dalam waktu dekat. Disebutkan bahwa anggota parlemen AS lainnya, termasuk Ketua Nancy Pelosi (D-Calif.) sebelumnya telah dilarang memasuki Rusia.


Kementerian menambahkan bahwa tindakan itu dilakukan sebagai tanggapan atas sanksidiumumkan oleh Presiden Biden pada 24 Maret, yang menargetkan 328 anggota Duma, badan legislatif Rusia, serta Duma itu sendiri sebagai entitas.


Pengumuman itu muncul ketika hubungan antara AS dan Rusia memburuk setelah invasi terakhir ke Ukraina pada 24 Februari.


Rusia juga mengumumkan akan memberikan sanksi kepada 87 senator Kanada.


Perkembangan ini terjadi beberapa minggu setelah Kremlin mengusir beberapa diplomat Amerika dari negara itu setelah AS memecat 12 diplomat Rusia akhir bulan lalu.


(YK/ER)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar