4 Fakta Sejarah Aneh yang Mungkin Belum Anda Ketahui | Borneotribun.com -->

Jumat, 26 Agustus 2022

4 Fakta Sejarah Aneh yang Mungkin Belum Anda Ketahui

4 Fakta Sejarah Aneh yang Mungkin Belum Anda Ketahui
Sampul: Anastasiconostas / Lifehacker
BorneoTribun Jakarta -- Saatnya mencari tahu kebenaran tentang kehancuran Konstantinopel dan hobi yang tidak biasa dari Isaac Newton.

1. Isaac Newton sedang mencari Batu Bertuah

Potret Newton oleh Godfrey Kneller, 1689 Gambar: Wikimedia Commons.
Kami biasanya mengasosiasikan nama Newton dengan sains serius dan penemuan mendasar dalam fisika. Nah, dengan sebuah apel yang diduga jatuh di kepalanya dan mengarah pada penemuan hukum gravitasi universal (sebenarnya tidak jatuh ).

Tapi Sir Isaac Isaakovich terlibat tidak hanya dalam gravitasi, perhitungan kecepatan suara, pembiasan cahaya dan eksperimen membosankan lainnya, tetapi juga hal-hal yang jauh lebih menarik - seperti okultisme dan alkimia.

Diperkirakan dari 10 kata dalam makalah seorang fisikawan Inggris, sekitar satu juta didedikasikan untuk alkimia. Secara alami, dia paling tertarik pada batu filsuf - elemen yang mampu mengubah logam dasar menjadi emas.

Menjelang akhir hidupnya, ilmuwan menjadi sangat eksentrik dan tidak stabil secara mental - rambut ilmuwan modern yang masih hidup menunjukkan bahwa alasannya adalah keracunan merkuri . Bereksperimen.

Selain Batu Bertuah, Isaac juga memiliki vaksin wabah. Akibatnya, ia sampai pada kesimpulan bahwa “obat terbaik adalah katak, digantung dengan kakinya dan dibiarkan di cerobong asap selama tiga hari. 

Setelah waktu ini, dia akan mati dan memuntahkan bumi dengan berbagai serangga di dalamnya, yang zatnya harus diletakkan di atas piring lilin kuning. 

Kodok harus dibubuk, dicampur dengan sekresi dan serumnya, dan campuran yang dihasilkan, dioleskan ke bubo wabah, akan mengusir infeksi dan mengeluarkan racun.

2. Tulang dinosaurus pertama yang ditemukan disalahartikan sebagai skrotum yang membatu

Sampul Robert Plot's A Natural History of Oxfordshire, 1677, dan ilustrasi tulang paha, yang disebut Skrotum humanum. Gambar: Wikimedia Commons.
Pada tahun 1677, sebuah fragmen tulang paha Megalosaurus ditemukan di sebuah tambang batu kapur dekat Oxford. Itu adalah fosil dinosaurus pertama yang tercatat dalam sejarah . 

Benar, kalau begitu, tulang itu milik seorang pendosa raksasa yang tenggelam dalam Banjir Besar, mereka memasukkannya ke dalam koleksi Oxford dan melupakannya.

Beberapa waktu kemudian, pada tahun 1763, fosil tersebut jatuh ke tangan dokter dan naturalis Inggris Richard Brooks. Dan itulah namanya Scrotum humanum, yang berarti "testis manusia."

Masih belum jelas apa yang membuat Brooks memberi nama seperti itu pada tulang-tulang dinosaurus pertama yang diketahui dalam sejarah.

Mungkin dia berpikir bahwa pendosa raksasa itu adalah raksasa dalam segala hal. Atau nama itu diberikan oleh ilustrator karya dokter, dan dia biasanya memberikan benda ini pada jenazah orang lain.

Pada tahun 1824, ahli paleontologi Inggris Richard Owen mengambil bagian penting dari kerangka Megalosaurus dan akhirnya menebak bahwa ini bukan pendosa raksasa yang alkitabiah, tetapi semacam reptil yang besar dan kuat. Dan dia menjuluki bangsal itu sebagai megalosaurus (Megalosaurus bucklandii, secara harfiah - "kadal besar").

Jauh kemudian, pada tahun 1970, ketika dinosaurus ditemukan dan dideskripsikan sejak lama, ahli paleontologi Lambert Beverly Halstead kembali melihat tulang mirip skrotum yang bernasib buruk dalam koleksi Oxford dan menentukan bahwa itu milik Megalosaurus . Dan kemudian muncul masalah: nama Scrotum humanum diberikan kepada spesies ini sebelum nama Megalosaurus bucklandii.

Dan karena itu, menurut aturan Komisi Internasional untuk Nomenklatur Zoologi, megalosaurus harus diganti namanya menjadi "skrotum manusia." Bisakah Anda bayangkan bagaimana jadinya kadal malang itu jika sampai seperti ini? Tapi dia adalah predator yang dominan di zamannya.

Untungnya, ahli paleontologi berubah pikiran pada waktunya dan membuat pengecualian kecil untuk aturan tersebut sehingga mereka tidak perlu mengubah nama dinosaurus pertama yang ditemukan dalam sejarah menjadi "skrotum".

3. Seorang wanita baru ditemukan tewas 110 tahun setelah dia dibalsem.

Penguburan prematur. Lukisan oleh Antoine Wirtz, 1854 Gambar: Wikimedia Commons.
Di kota Failsworth di Inggris, hiduplah seorang wanita kaya bernamaHannah Bezwick, lahir tahun 1688. Selama pemakaman salah satu saudara laki-lakinya, John, orang-orang memperhatikan bahwa kelopak mata orang yang meninggal itu gemetar. Seorang dokter dipanggil, dan almarhum tiba-tiba sadar, pulih dan hidup selama bertahun-tahun lagi.

Insiden itu membuat kesan yang tak terhapuskan pada Hanna, dan dia menjadi sangat takut dikubur hidup-hidup . Oleh karena itu, saya memutuskan untuk mengecualikan kemungkinan seperti itu sebelumnya.

bezwick dibuat-buatakan, di mana dokternya Charles White akan dibayar £25.000 dengan syarat bahwa dia tidak mengubur tubuhnya selama mungkin, secara berkala memeriksa tanda-tanda kehidupan.

Secara umum, Dr. White yang baikdilakukankeinginan pasien dan setelah kematiannya pada Februari 1758 menempatkannya di museum Manchester Natural History Society. Di sana, Hannah berbaring sampai dia mulai mencium bau yang tidak sedap, dan kemudian White menyuntikkan terpentin vermilion ke dalam pembuluh darah dan membalsem tubuh dengan alkohol dan tar.

Dalam keadaan ini, Hanaduludi museum sampai tahun 1867. Hanya ketika manajemen Koleksi Manchester memutuskan bahwa lingkungan mereka "tidak dapat ditarik kembali dan tidak diragukan lagi mati ", wanita itu dimakamkan di kuburan tak bertanda di pemakaman Harperhey di pinggiran timur laut Manchester. Itu terjadi pada 22 Juli 1868.

4. Konstantinopel dihancurkan oleh meriam yang ditolak oleh penguasanya.

Mehmed II dan tentara Ottoman mendekati Konstantinopel dengan bombardir raksasa. Lukisan oleh Fausto Zonaro, 1903 Gambar: Wikimedia Commons.
Pada abad ke-15, insinyur Hongaria Urban tinggal di Transylvania, yang sangat menyukai meriam - cor, perunggu, dengan bola meriam batu besar.

Dan pada tahun 1452 ia pergi ke ibu kota Bizantium Konstantinopel, kemudian diperintah oleh Kaisar Konstantinus XI, dandiajukanpenguasa untuk melemparkan senjata, dari mana semua orang akan terkesiap. Seperti, tidak ada yang akan memiliki senjata seperti itu, Yang Mulia. Dan sebut saja dengan indah - Basil, yaitu, "raja."

Tetapi kaisar membunuh gagasan itu sejak awal: dana terbatas, anggaran negara tidak cukup, hanya ada sedikit perunggu di Byzantium, dan tidak ada yang bisa menggantikan impor. Urban kesal, melambaikan tangannya dan pergi ke Sultan Turki Mehmed II, yang baru saja berperang dengan Byzantium.

Dia bertanya singkat: "Apakah Anda dapat meledakkan tembok Konstantinopel?" Urban menjawab dengan berani: “Senjata saya bisameledakkantembok Babel itu sendiri!” Mehmed II menyimpulkan: "Lakukan."

Urban menerima dana tak terbatas dari Sultan dan semua bahan yang diperlukan dandibuatmeriam sedemikian rupa sehingga harus diseret ke Konstantinopel oleh tim yang terdiri dari 60 lembu dan 400 orang. Bola batu, yang bisa dia lempar sejauh satu setengah kilometer, beratnya lebih dari setengah ton.

Benar, karena kepanasan yang mengerikan, Basil bisaapihanya tiga kali sehari. Larasnya harus terus-menerus dirawat dengan minyak hangat agar tidak retak, dan selama operasi, pistol itu secara berkala membunuh penembaknya sendiri secara tidak sengaja.

Tetapi meriam memenuhi tugasnya dan melubangi tembok Konstantinopel, di mana pasukan Mehmed II memasuki kota. Dan semua orang di sana dihancurkan dengan aman, termasuk Konstantinus XI. Inilah yang terjadi jika Anda mengabaikan perkembangan teknologi yang menjanjikan.

Adapun Urban - terutama untuk merayakan penghargaan Sultan, heTidak ada waktu. Keturunannya meledak dan membunuh penciptanya, serta seluruh kru artileri. (*)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar