30 Film Korea Terbaik Untuk Ditonton | Borneotribun.com -->

Jumat, 26 Agustus 2022

30 Film Korea Terbaik Untuk Ditonton

Ilustrasi. (Pexels)

1. Permen

Narasi dibangun mundur: film dimulai dengan bunuh diri seorang pria bernama Kim. Setelah itu, plot berbalik, dan penonton berkenalan dengan kehidupan sulit protagonis, yang terjadi dengan latar belakang peristiwa penting dalam politik Korea.

Tangkap layar yotube.
Gambar kedua dari Lee Chang-don klasik yang luar biasa (yang juga mantan Menteri Kebudayaan Korea Selatan, penulis dan penulis skenario, pemenang Festival Film Cannes dan Venesia) menceritakan kisah tentang orang yang benar-benar tidak bahagia.

Pemikiran pesimis tentang kemungkinan menemukan kedamaian hanya melalui kematian menjadi motif utama.

2. Pulau

Ditembak dari film "The Island"
Penjaga gubuk apung nelayan yang misterius dan pendiam, Hwi Jin, dengan patuh melayani para tamu, termasuk dengan tubuhnya sendiri, hingga seorang mantan polisi dengan nasib yang sulit menetap di salah satu rumah.

Antara karakter ada daya tarik aneh yang menentang penjelasan rasional.

Rumah seni sadomasokis yang disutradarai oleh Kim Ki-duk ini terkenal dengan adegan kekerasan yang mengejutkan.

Kritikus, termasuk Roger Ebert yang terkenal, mencatat bahwa The Island adalah salah satu film paling naturalistik dan kejam dalam sejarah perfilman.

Namun demikian, sutradara Korea tidak dapat dicela karena ketidakpekaan: ceritanya ternyata begitu dalam dan pedih.

3. Zona keamanan bersama

Ditembak dari film "Area Keamanan Bersama"
Film ini berkisah tentang kehidupan para prajurit biasa yang terbelah oleh Perang Korea. Sebuah cerita detektif kamar akan menarik bahkan bagi mereka yang tidak akrab dengan situasi di Korea dan tidak tahu semua nuansa konflik.

4. Orang jahat

Tangkapan layar youtube.
Gambar ketujuh Kim Ki-duk menceritakan tentang seorang pria yang jatuh cinta pada pandangan pertama, tetapi ditolak. Pemuda itu mengembangkan rencana licik untuk membalas dendam dan menculik gadis itu.

Sebuah kisah yang kontras dan kontroversial tentang cinta hipertrofi dari master film bisu meninggalkan rasa pahit dan keinginan untuk mengenal karya sutradara secara keseluruhan.

5. Simpati untuk Tuan Balas Dendam

Tangkapan layar youtube.
Ryu, seorang pekerja pabrik baja bisu-tuli, membutuhkan uang untuk mengoperasi adiknya yang sakit. Dia menjual ginjalnya ke pengedar organ, tetapi para penipu lolos dengan uangnya.

Kemudian Ryu memutuskan, bersama dengan pacarnya, untuk mencuri putri mantan bos untuk mendapatkan uang tebusan.

Film pertama dalam Trilogi Revenge Park Chan-wook. "Simpati untuk Mr. Revenge" tidak sedinamis "Oldboy", tetapi operator memilih sudut sedemikian rupa sehingga tidak mungkin mengalihkan pandangan Anda dari layar. Dan secara umum, yang diukur hanya baik untuk gambar.

6. Jalan menuju rumah

Tangkapan layar youtube.
Sebuah kisah moral tentang seorang nenek bisu dan cucunya yang manja. Seorang wanita tua dengan rendah hati menerima semua kejenakaan anak laki-laki itu, mendidik dan mengajarinya.

Film ini sama bagusnya dengan berat bagi penontonnya. Dijamin beberapa jam isak tangis dan memikirkan kembali kehidupan setelah menonton.

Bioskop tidak hanya menunjukkan kekejaman kekanak-kanakan, tetapi juga kebijaksanaan pikun, yang tidak semua orang mampu dapatkan.

7. Kisah dua saudara perempuan

Tangkapan layar youtube.
Dua saudara perempuan kembali ke rumah ayah dan ibu tiri mereka setelah lama tinggal di rumah sakit jiwa. Perlahan-lahan, para gadis mulai memperhatikan bahwa hal-hal aneh dan tidak dapat dijelaskan terjadi di mana-mana.

Film thriller psikologis yang disutradarai oleh Kim Ji Woon telah mengumpulkan banyak penghargaan di Korea dan festival film di seluruh dunia.

Film ini begitu dicintai oleh penonton sehingga beberapa tahun setelah rilis bahkan syuting ulang di Amerika Serikat. Namun, remake The Uninvited gagal mengungguli original Korea yang unik.

8. Musim semi, musim panas, musim gugur, musim dingin ... dan lagi musim semi

Tangkapan layar youtube.
Film ini bercerita tentang seorang biksu tua dan muridnya yang tinggal di sebuah gubuk terapung di sebuah danau yang jauh dari peradaban.

Kecepatan hidup mereka yang terukur terganggu ketika seorang siswa muda bertemu dengan seorang gadis.

Mungkin gambar paling penting dalam filmografi sutradara Korea Kim Ki-duk. Sebuah perumpamaan filosofis yang indah tentang keniscayaan waktu, kerendahan hati dan sifat keberadaan.

9. Orang Tua

Tangkapan layar youtube.
Seorang pengusaha biasa-biasa saja diculik oleh orang tak dikenal dan dipenjara selama bertahun-tahun. Setelah dia dibebaskan, dia pergi mencari pelanggarnya, terobsesi dengan rasa haus akan balas dendam.

Film kultus oleh Park Chan-wook mengumpulkan banyak penghargaan dan nominasi, dan kritikus dan pemirsa memberikan peringkat yang sangat positif.

Gambar tersebut termasuk dalam "Trilogy of Revenge", dan jika Anda mungkin tidak tahu tentang dua karya lainnya, maka "Oldboy" pasti selalu ada di bibir.

10 Kenangan Pembunuhan

Tangkapan layar youtube.
Beberapa pembunuhan brutal terjadi di pedalaman Korea . Polisi ingin menangkap penjahat dengan segala cara, tetapi motif sebenarnya dari petugas adalah untuk menemukan dan menghukum pelakunya, dan bukan menyelesaikan kasusnya, jadi terkadang mereka melampaui apa yang diizinkan.

Ini adalah lukisan karya Bong Joon Ho tentang bagaimana sistem peradilan bekerja. Film ini meyakinkan penonton bahwa siapa pun yang menghalangi jalannya adalah musuh potensial.

11. Rumah kosong

Tangkapan layar youtube.
Pertemuan seorang pria bernama Tae Sook dan seorang gadis Sunwa telah ditentukan oleh takdir. Selama bertahun-tahun sang pahlawan wanita menderita karena pemukulan suaminya.

Ketika Tae-suk muncul di ambang pintu, gadis itu melarikan diri bersamanya dan menerima gaya hidupnya sebagai pengembara abadi.

Intisari dari film bisu Kim Ki-duk. Sutradara dengan mahir menggunakan gambar visual dan sudut yang tepat untuk menceritakan kisah cinta yang luar biasa tanpa kata-kata.

12. Paralel ke-38

Tangkapan layar youtube.
Film ini menceritakan tentang nasib tragis dua bersaudara yang dipaksa untuk berperang dalam perang berdarah antara Korea Selatan dan Korea Utara di luar kehendak mereka.

Anggaran yang solid dialokasikan untuk pembuatan film gambar, dan penulis dapat menjelajah.

Set yang indah, ribuan ekstra, dan perhatian yang cermat terhadap detail telah menciptakan film menakjubkan yang layak untuk disejajarkan dengan film-film seperti " Saving Private Ryan " dan "Band of Brothers".

13. Pahit dan manisnya

Tangkapan layar youtube.
Protagonis Seong Wu bekerja untuk bos mafia Tuan Kang, menjalankan perintahnya dan menjaga restoran. Suatu hari, pemilik meminta Song Wu untuk mengikuti seorang teman yang dia curigai selingkuh.

Pahlawan menemukan gadis itu di pelukan kekasihnya, tetapi tidak mengikuti perintah dan membiarkan mereka pergi. Pak Kahn mengetahui tentang pengkhianatan itu dan memutuskan untuk membalas dendam.

14. Invasi Dinosaurus

Tangkapan layar youtube.
Karena pelepasan zat beracun di Sungai Han, monster mengerikan mulai muncul. Saksi mata serangan monster terhadap orang-orang adalah keluarga pemilik restoran pantai kecil.

Makhluk itu menyeret Hyun-seo yang berusia 14 tahun, tetapi pesan teks yang diterima dari gadis itu memberi harapan kepada kerabat bahwa dia masih hidup.

Dalam film ketiganya , pemenang Oscar 2020 Bong Joon-ho secara satir menggambarkan pemerintah Amerika dan Korea Selatan.

Omong-omong, prolog ini didasarkan pada peristiwa nyata: pada Februari 2000, militer AS yang ditempatkan di Seoul benar-benar menuangkan formaldehida ke saluran pembuangan Korea.

Sayangnya, distributor Rusia menyebut rekaman itu agak konyol , dan ini dapat menyesatkan pemirsa. Versi aslinya terdengar lebih sederhana dan diterjemahkan sebagai "monster" atau "monster".

15. Pemburu

Tangkapan layar youtube.
Di Seoul, gadis panggilan mulai menghilang. Pemilik layanan dewasa Chun Ho menjadi khawatir ketika pekerja lain pergi ke klien dan tidak kembali.
Mengingat masa lalu polisi, Chun Ho melakukan penyelidikan pribadi dan dengan cepat menemukan seorang maniak.

Debut panjang fitur sutradara Na Hong Jin yang tegang dan serba cepat mematahkan semua cetakan yang telah dibangun Hollywood selama bertahun-tahun.

16. Yang baik, yang buruk, yang kacau

Tangkapan layar youtube.
Aksi tersebut terjadi pada tahun 1930-an di Manchuria selama pendudukan Jepang. Bandit Yun Tae Gu merampok kereta yang membawa orang kepercayaan Kaisar Jepang.

Di antara pialanya adalah peta harta karun langka dari Dinasti Qing.

Masalahnya adalah pembunuh berdarah dingin Pak Chan Yi sedang berburu barang berharga, yang telah lama diimpikan oleh penembak virtuoso Pak To Won untuk berduel.

Sutradara Kim Ji Un menghabiskan anggaran rekor dalam sejarah sinematografi Korea Selatan dan menembak barat modern yang indah dengan sejumlah besar kutipan dari karya Sergio Leone.

Salah satu duel sepenuhnya disalin dari adegan terakhir legendaris "The Good, the Bad, the Evil ".

17. Ibu

Tangkapan layar youtube.
Seorang wanita tua tinggal di kota provinsi dengan seorang anak laki-laki pencungkil berusia 28 tahun yang selalu mendapat masalah.

Ketika dia dituduh melakukan pembunuhan, sang ibu memulai penyelidikannya sendiri.

Pong Joon Ho berhasil menggabungkan dalam satu film baik thriller dan drama hubungan manusia, diencerkan dengan sindiran dan lelucon.

Hasilnya adalah film sedih tentang cinta ibu yang tulus - indah dan menakutkan.

18. Robinson di Bulan

Tangkapan layar youtube.
Setelah upaya bunuh diri yang gagal, seorang pria bernama Kim terdampar di sebuah pulau terpencil di dekat jembatan tempat dia melompat.

Pada saat ini, dia diperhatikan oleh seorang gadis penyendiri yang melihat ke luar jendela selama berjam-jam.

Gambaran yang ironis ini mengangkat isu sosial yang penting - tempat yang kita tempati dalam masyarakat.

Jika Anda mengasosiasikan sinema Korea hanya dengan kekerasan dan balas dendam, pastikan untuk membaca kisah melodramatis yang menyentuh ini tentang dua orang yang, dengan cara yang berbeda, sampai pada hal yang sama - kesepian .

19. Puisi

Tangkapan layar youtube.
Seorang wanita tua Korea mendaftar di kelas puisi dan belajar untuk mencari kecantikan bahkan dalam hal-hal biasa. Namun, kejadian tak terduga mengejutkannya, dan kenyataan terbuka dari sisi lain.

Film ini ternyata sangat menyentuh hati, dan aktris utama Yoon Jung Hee menciptakan citra orang yang kuat yang dapat bertahan dari segala kesulitan ketika cinta hidup dalam jiwanya.

20. Pria entah dari mana

Tangkapan layar youtube.
Cha Tae Sik adalah pemilik pegadaian. Teman satu-satunya adalah gadis tetangga kecil So Mi. Ibunya bekerja sebagai penari di sebuah bar dan suatu hari, memutuskan untuk mendapatkan uang tambahan, dia merampok kurir narkoba dan menyembunyikan barang rampasan di pegadaian. Bos mafia narkoba menyandera ibu dan gadis itu, dan mengirim preman ke Tae Sik.

21. Saya melihat iblis

Tangkapan layar youtube.
Maniak membunuh korban lain, tetapi tidak menyadari bahwa gadis itu adalah pengantin agen khusus Soo Hyun. Selain itu, detektif tidak akan menyerahkan penjahat ke tangan polisi, tetapi untuk membalas dendam padanya untuk waktu yang lama, menyakitkan dan halus.

Film thriller oleh Kim Ji Un memainkan tema balas dendam dengan sangat kejam dan mengatakan dalam teks biasa bahwa pembunuh tidak dapat dididik kembali, karena bahkan di bawah rasa sakit kematian mereka tidak akan berubah.

22. Selalu

Tangkapan layar youtube.
Sebuah gambar tulus dan baik yang disutradarai oleh Song Il Gon menceritakan kisah seorang mantan petinju dan seorang gadis buta yang dipertemukan oleh sebuah pertemuan kebetulan.

Pemutaran perdana berlangsung di Festival Film Busan, dengan semua 2.000 kursi di bioskop luar ruang terjual habis dalam hitungan menit.

23. Sekarang, bukan setelahnya

Tangkapan layar youtube.
Sementara jauh sebelum kuliah berikutnya, sutradara sukses Ham Chung-soo bertemu dengan seorang seniman abstrak muda Yoon Hee-jong, yang memperkenalkan dia pada lukisannya.

Malam yang mabuk berakhir dengan rasa malu, tetapi secara ajaib, para pahlawan mendapatkan kesempatan untuk keluar dari siklus kesalahan.

Mereka mengatakan tentang sutradara Hong Sang-soo bahwa setelah melihat salah satu filmnya, Anda dapat berasumsi bahwa Anda telah melihat semuanya.

Mungkin melodrama percakapan yang menyentuh topik rapuhnya hubungan antarmanusia dan ketidakpastian nasib cocok untuk peran film satu-satunya ini.

Selain itu, rekaman itu dibangun dengan cara yang sangat tidak biasa: terdiri dari dua bagian yang sama, di mana aktor yang sama memainkan cerita yang sama sedikit berbeda.

24. Kereta ke Busan

Tangkapan layar youtube.
Epidemi virus yang dapat mengubah orang menjadi mayat hidup telah merebak di negara itu, dan seorang ayah dan anak perempuan terkunci di dalam kereta menuju Busan.

Film ini memulai debutnya di Festival Film Cannes dan mendapat ulasan positif dari para kritikus dan penonton.

Film aksi dinamis dalam rombongan zombie apocalypse dengan nuansa sosial dan politik ternyata tidak bisa ditebak dan sangat realistis dalam bahasa Korea.

25. Jaringan

Tangkapan layar youtube.
Kim Ki-duk mendedikasikan film ini untuk permusuhan antara Korea Selatan dan Utara. Menurut plot, seorang nelayan sederhana Nam Chhor U sedang memancing di zona perbatasan.

Suatu hari, perahu rusak dan terdampar di pantai Korea Selatan. Chhor U berakhir di tangan dinas rahasia, yang menyiksanya atau merayunya dengan kesenangan hidup di Selatan.

26. Pembantu

Tangkapan layar youtube.
Awal abad ke-20 Korea diduduki oleh Jepang. Penipu Fujiwara berencana untuk memikat wanita kaya Jepang Hideko, menikahinya, dan kemudian menyatakan dia gila dan mengambil alih semua uang.

Untuk mewujudkan rencananya, dia membujuk gadis malang Sook Hee untuk dipekerjakan sebagai pelayan Hideko. Namun, rencana Fujiwara tidak ditakdirkan untuk menjadi kenyataan.

Karya yang sangat halus dan elegan dari sutradara "Oldboy" menerima nilai tinggi dan beberapa penghargaan, termasuk nominasi "Palme d'Or".

27. Kamu dan milikmu

Tangkapan layar youtube.
Pasangan muda itu tidak akur dengan baik. Pria itu tidak senang karena pacarnya banyak minum, yang terakhir menyangkal segalanya, meskipun fakta mengatakan sebaliknya.

Para pahlawan memutuskan untuk tidak berkomunikasi selama beberapa waktu, tetapi jeda tidak ada gunanya bagi mereka.

Sutradara Hong Sang-soo menunjukkan keinginan besar untuk menjadikan orang lain sebagai properti Anda. Dialog yang tidak rumit, perasaan karakter yang tulus, dan kerja kamera yang sangat sederhana - semua ini dengan jelas mencirikan karya sutradara ini.

28. Melolong

Tangkapan layar youtube.
Desa hutan terpencil Gokseong dilanda serangkaian pembunuhan brutal. Petugas polisi Jung-gu meluangkan waktu untuk menyelidiki kasus ini, tetapi dipaksa untuk mempercepat saat putrinya dalam bahaya.

Film thriller oleh Na Hong Jin (The Chaser, The Yellow Sea) dapat dengan aman disebut teka-teki kusut dari bioskop Korea.

Selain itu, sutradara berhasil menciptakan suasana lengket dari mimpi buruk yang nyata, dan penutupnya pasti akan meninggalkan banyak pertanyaan bagi pemirsa mana pun.

29. Bersinar

Tangkapan layar youtube.
Sebuah adaptasi bentuk bebas dari "Burn Down the Barn" Haruki Murakami menceritakan kisah Jung-soo provinsi miskin yang pacarnya Hae Mi memulai perselingkuhan dengan seorang pemuda kaya.

Yang terakhir pernah memberi tahu pahlawan tentang hobi rahasianya, dan sejak saat itu, Jung-soo mulai mengatasi firasat buruk.

Film klasik Lee Chang Dong menjadi salah satu peristiwa film terpenting tahun 2018. Melalui upaya sutradara, plot sederhana yang diciptakan oleh Murakami berubah menjadi kanvas megah selama 2,5 jam, di mana seluruh jurang interpretasi tersembunyi di balik kesederhanaan yang tampak.

30. Parasit

Keluarga Key yang miskin hidup sangat buruk dan terganggu oleh pendapatan yang tidak stabil.

Suatu hari, putra tertua mendapat kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan sebagai guru bahasa Inggris di rumah seorang pria kaya setempat.

Kerabatnya, yang terinspirasi oleh keberuntungan seperti itu, memutuskan untuk mengusir semua pelayan dari rumah dengan licik dan mengambil tempat kosong itu sendiri.

Pada awalnya, rencananya berjalan seperti jarum jam. Tetapi suatu hari terjadi sesuatu yang tidak diharapkan oleh siapa pun.

Film aneh yang disutradarai oleh Bong Joon Ho tidak hanya meledakkan festival film di seluruh dunia, tetapi bahkan Oscar 2020, mengambil semua penghargaan utama.

Apalagi ini adalah film pertama yang tidak berbahasa Inggris yang meraih penghargaan dalam kategori "Film Terbaik".

(Yakop)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar