Kominfo Tegaskan Dukungan Pemerintah untuk Majunya UMKM | Borneotribun.com -->

Selasa, 16 Agustus 2022

Kominfo Tegaskan Dukungan Pemerintah untuk Majunya UMKM

Kominfo Tegaskan Dukungan Pemerintah untuk Majunya UMKM
Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP Kementerian Kominfo Septriana Tangkary dalam talkshow #PejuangLokal oleh Blibli di Grand Indonesia, Senin (15/8/2022). 
BorneoTribun Jakarta - Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Direktorat Jenderal IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika, Septriana Tangkary menegaskan, pemerintah akan selalu mendukung kemajuan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di era digitalisasi dengan berbagai program.

“Pemerintah berkomitmen untuk terus menciptakan ekosistem yang mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia,” kata Septriana dalam talkshow UMKM di Jakarta, Senin.

Salah satu upaya pemerintah untuk mendukung kemajuan UMKM, kata Septriana, adalah dengan memberikan jaminan infrastruktur digital yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku usaha mulai dari UMKM hingga e-commerce.

Upaya lain, lanjut Septriana, adalah melalui program Kredit UMKM Digital (digiKU) yang diberikan oleh pemerintah melalui Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara). Lalu, ada Pasar Digital UMKM (PaDi) yang mendorong BUMN berbelanja produk lokal dan UMKM.

Selanjutnya, ada pembebasan Pajak Penghasilan (PPh) Final yang merupakan program insentif pajak bagi UMKM dengan pembebasan pajak penghasilan final sebesar 0,5 persen. Ada juga Procurement Defense dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang merupakan platform untuk memudahkan para pelaku UMKM untuk menjual produknya ke pasar pemerintah. Selain itu, juga ada Bantuan Presiden Produktif untuk UMKM.

Tidak hanya itu, lanjut Septriana, ada Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang dicanangkan Presiden Joko Widodo pada Mei 2020. Program tersebut bertujuan untuk mendukung UMKM agar tetap bertahan di masa pandemi dan mendorong masyarakat untuk membeli produk lokal.

“Dan mulai Juni hingga Agustus 2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika akan bertindak sebagai pemimpin kampanye Gernas BBI di Provinsi Papua,” tambah Septriana.

Menurut Septriana, kemajuan UMKM harus terus didukung karena UMKM merupakan salah satu pilar terkuat perekonomian Indonesia.

“UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia yang terkuat. UMKM Indonesia sudah 65,4 juta dan telah memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar Rp8.573,9 triliun atau 61,07 persen,” kata Septriana.

Tingginya jumlah UMKM, menurut Septriana, berpengaruh positif terhadap penyerapan investasi. Selain itu, UMKM juga berhasil menciptakan 97 persen kesempatan kerja, dengan menyerap 117 juta tenaga kerja.

(SN/ANT)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar