Mencegah Kanker hingga Menurunkan Tekanan Darah, Ini Tujuh Manfaat Kacang Hitam untuk kesehatan | Borneotribun.com -->

Minggu, 14 Agustus 2022

Mencegah Kanker hingga Menurunkan Tekanan Darah, Ini Tujuh Manfaat Kacang Hitam untuk kesehatan

Mencegah Kanker hingga Menurunkan Tekanan Darah, Ini Tujuh Manfaat Kacang Hitam untuk kesehatan
Kacang Hitam. Gambar tajaan iStock
Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa kita temui.

Kacang tanah, kacang polong, dan kacang merah adalah beberapa jenis kacang-kacangan yang sering kita konsumsi.

Namun, masih ada satu jenis kacang lagi yang layak masuk ke dalam menu makan Anda. Jenis kacang tersebut adalah kacang hitam.

Kacang hitam juga dikenal sebagai kacang penyu, karena teksturnya yang keras dan mirip cangkang. 

Kacang hitam sebenarnya adalah biji tanaman yang dapat dimakan. Sama seperti kacang-kacangan lain, kacang hitam juga kaya akan nutrisi, seperti protein dan serat.

Selain dua nutrisi tersebut, kacang hitam juga mengandung karbohidrat, kalsium, magnesium, kalium, fosfor, natrium, zat besi, niacin, folat, dan vitamin K. Kacang hitam juga menawarkan berbagai fitonutrien seperti saponin, antosianin, kaempferol, dan quercetin, yang semuanya memiliki sifat antioksidan.

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, maka tak heran jika kacang hitam bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti berikut ini, beberapa manfaat kacang hitam bagi kesehatan yang kami rangkum dari laman Medical News Today.

Ilustrasi. Foto istockphoto

Pencernaan yang Sehat

Manfaat kacang hitam untuk mendukung kesehatan pencernaan. Karena kandungan seratnya, kacang hitam membantu mencegah sembelit dan mendukung kesehatan pada saluran pencernaan.

Kacang-kacangan ini juga menyediakan bahan bakar untuk bakteri sehat yang ada di dalam usus besar.

Mencegah Kanker

Manfaat kacang hitam yang kelima untuk mencegah kanker. Selenium merupakan mineral yang tidak terdapat pada sebagian besar buah dan sayuran.

Ilustrasi. Sumber foto istockphoto

Namun, nutrisi ini dapat Anda temukan pada kacang hitam. Mineral ini berperan pada fungsi enzim hati dan membantu detoksifikasi beberapa senyawa penyebab kanker di dalam tubuh.

Selain itu, selenium juga dapat mencegah peradangan dan menurunkan tingkat pertumbuhan tumor.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kacang hitam yang pertama untuk menjaga kesehatan tulang. Besi, fosfor, kalsium, magnesium, mangan, tembaga, dan seng dalam kacang hitam semuanya berkontribusi dalam membangun dan memelihara struktur dan kekuatan tulang.

Ilustrasi. Sumber foto istockphoto

Kalsium dan fosfor juga berperan penting dalam struktur tulang, sedangkan zat besi dan seng berperan dalam menjaga kekuatan dan elastisitas tulang dan persendian.

Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat kacang hitam yang kedua untuk menurunkan tekanan darah. Mempertahankan asupan natrium rendah penting untuk menjaga tekanan darah pada tingkat normal.

Ilustrasi. Sumber foto istockphoto

Kacang hitam secara alami mengandung natrium rendah serta kalium, kalsium, dan magnesium, yang semuanya telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah secara alami.

Mengatasi Diabetes

Manfaat kacang hitam yang ketiga untuk mengatasi diabetes.

Penelitian telah menunjukkan bahwa individu dengan diabetes tipe 1 yang mengonsumsi makanan berserat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah.

Ilustrasi. Sumber foto istockphoto

Selain itu, penderita diabetes tipe 2 mungkin mengalami peningkatan kadar gula darah, lipid, dan insulin. Satu cangkir, atau 172 gram (g), kacang hitam matang menyumbang 15 g serat.

Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kacang hitam yang keempat untuk mencegah penyakit jantung. Kandungan serat, potasium, folat, vitamin B6, dan fitonutrien pada kacang hitam, ditambah dengan rendahnya kolesterol, bisa menjadi solusi untuk mendukung kesehatan jantung.

Ilustrasi. Sumber foto istockphoto

Serat ini membantu menurunkan jumlah total kolesterol dalam darah dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Vitamin B6 dan folat berperan untuk mencegah penumpukan senyawa yang dikenal sebagai homosistein.

Ketika jumlah homosistein yang berlebihan menumpuk di dalam tubuh, dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan masalah jantung.

Quercetin dan saponin yang ditemukan dalam kacang hitam juga membantu melindungi jantung. 

Quercetin adalah antiinflamasi alami yang tampaknya mengurangi risiko aterosklerosis dan melindungi dari kerusakan yang disebabkan oleh kolesterol LDL (low-density lipoprotein).

Asupan serat dari buah dan sayuran seperti kacang hitam dikaitkan dengan penurunan risiko kanker kolorektal. Kacang hitam yang mengandung folat yang tinggi, berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA, sehingga mencegah pembentukan sel kanker dari mutasi pada DNA.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat kacang hitam yang terakhir untuk membantu menurunkan berat badan. Serat makanan umumnya dikenal sebagai faktor penting dalam penurunan berat badan dan manajemen berat badan dengan berfungsi sebagai "agen penggembur" dalam sistem pencernaan.

Ilustrasi. Sumber foto istockphoto

Makanan berserat tinggi meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi nafsu makan, sehingga membuat seseorang merasa kenyang lebih lama, dan menurunkan asupan kalori secara keseluruhan.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi makanan nabati seperti kacang hitam membantu menurunkan risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, dan kematian, dan bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut, meningkatkan energi, dan menurunkan berat badan secara keseluruhan.

(YK/ER)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar