Cara Melindungi Diri Dari Kanker: 6 Langkah Pencegahan Penting Yang Perlu Diketahui Semua Orang | Borneotribun.com -->

Kamis, 01 September 2022

Cara Melindungi Diri Dari Kanker: 6 Langkah Pencegahan Penting Yang Perlu Diketahui Semua Orang

Cara Melindungi Diri Dari Kanker: 6 Langkah Pencegahan Penting Yang Perlu Diketahui Semua Orang
Gambar pexels.
BorneoTribun Jakarta -- Cara Melindungi Diri Dari Kanker: 6 Langkah Pencegahan Penting Yang Perlu Diketahui Semua Orang. Keturunan jauh dari satu-satunya faktor yang mempengaruhi kemungkinan menghadapi kanker. 

Bersama dengan proyek ilmuan kesehatan dunia, telah mengumpulkan rekomendasi yang dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker.

1. Berhenti merokok 

Berhenti merokok
Gambar pexels.
Merokok, termasuk pasif alasan utama Kanker paru-parumenyebabkan kanker paru-paru. Ini menyumbang 9 dari 10 kasus penyakit. 

Selain itu, kebiasaan buruk bisa menyetir Para ahli dari Kementerian Kesehatan Rusia: tindakan pengendalian tembakau akan memberikan kontribusi yang signifikan untuk menjaga kesehatan warga / Kementerian Kesehatan Federasi Rusiauntuk kanker laring, perut, hati, kandung kemih, leukemia myeloid dan kanker lainnya. Alternatif untuk rokok juga berbahaya. 

Misalnya, produk berdasarkan tembakau yang dipanaskan (ITP) berisi Tembakau / WHObahan kimia beracun, banyak di antaranya dapat menyebabkan kanker. 

Dan ketika merokok hookah, seseorang menghirup Pipa. Manfaat atau bahaya? / FBUZ "Pusat Pendidikan Higienis Penduduk" Rospotrebnadzormerokok sebanyak merokok sebungkus rokok. 

Untuk pencegahan kanker, Anda harus meninggalkan semua produk dengan nikotin. 

Juga disarankan untuk tidak berada di dekat orang yang merokok.

Menurut para ahli, menghentikan kebiasaan buruk dan gaya hidup aktif dapat mengurangi risiko terkena tumor hingga 70%. 

Tindakan pencegahan penting lainnya adalah pemeriksaan rutin. Mereka membantu mendeteksi neoplasma ganas pada tahap awal, ketika kemungkinan sembuh setinggi mungkin. 

Informasi lebih lanjut tentang studi apa yang membantu mengenali kanker dapat ditemukan di portal resmi Kementerian Kesehatan Rusia tentang penyakit onkologi onco‑life.ru . 

Di situs tersebut, Anda dapat mengikuti tes yang menilai risiko pengembangan neoplasma, membaca kisah pemulihan pasien, dan mempelajari tentang dukungan psikologis untuk pasien kanker.

2. Jangan menyalahgunakan alkohol

Jangan menyalahgunakan alkohol
Gambar: Andrey Cherkasov / Shutterstock
Seperti nikotin, alkohol karsinogen Bahkan konsumsi alkohol dalam jumlah sedang meningkatkan risiko kanker / UN. 

Melewati tubuh, ia dapat merusak organ-organ yang bersentuhan dengannya dan memicu perkembangan tumor. 

Kecanduan alkohol bisa meningkat Bahkan konsumsi alkohol dalam jumlah sedang meningkatkan risiko kanker / UNrisiko terkena kanker kerongkongan, hati dan payudara. 

Dan para ahli Rusia mapan Lebih dari 3.500.000 nyawa diselamatkan. Direktur NMIC Blokhin Ivan Stilidi menjadi Pemenang Hadiah Negara / FSBI “N.N. N.N. 

Blokhin" dari Kementerian Kesehatan Rusiahubungan antara konsumsi alkohol dan peningkatan kemungkinan kematian akibat tumor kepala dan leher. 

Tidak hanya orang yang minum terlalu banyak yang bisa sakit. Setiap orang yang berisiko menggunakan Bahkan konsumsi alkohol dalam jumlah sedang meningkatkan risiko kanker / UNalkohol, bahkan dalam jumlah sedang.

3. Perhatikan pola makan Anda 

Perhatikan pola makan Anda
Gambar: ackF / istockphoto
Kelebihan berat badan dan malnutrisi meningkat Kanker / WHOrisiko terkena kanker. Di sini, organ-organ saluran pencernaan, rahim, kelenjar susu, ginjal dan ovarium, dan lainnya diserang. 

Pada saat yang sama, lemak diperlukan Diet dan nutrisi tidak seimbang / Portal resmi Kementerian Kesehatan Rusia tentang penyakit onkologistubuh - itu terlibat dalam sintesis hormon dan memelihara otot jantung. 

Hanya penting untuk memastikan bahwa lemak tubuh tidak berlebihan. Anda dapat merujuk ke indeks massa tubuh Anda. 

Sangat mudah untuk menghitungnya menggunakan rumus sederhana: berat (kg) / tinggi² (m). Jika indeks sama dengan atau lebih besar dari 25, tersedia Obesitas dan kelebihan berat badan / WHOkegemukan. 

Anda juga tidak boleh terlibat dalam diet ketat rendah lemak dan karbohidrat. 

Kekurangan zat gizi esensial dapat memimpin Diet dan nutrisi tidak seimbang / Portal resmi Kementerian Kesehatan Rusia tentang penyakit onkologisterhadap perkembangan dan perburukan penyakit kronis yang meingkatkan risiko berkembangnya tumor. 

4. Pimpin gaya hidup aktif

Pimpin gaya hidup aktif
Gambar: Greyerbaby / Pixabay
Aktivitas fisik secara teratur mengurangi Aktivitas fisik / WHOrisiko terkena kanker payudara, usus besar, kandung kemih, lambung dan ginjal. 

Spesialis dewasa menyarankan Aktivitas fisik / WHOalokasikan 150-300 menit seminggu untuk latihan aerobik sedang. 

Ini termasuk berjalan, berlari, berenang, menari, sepatu roda. Tidak perlu mengatur balapan per jam - Anda dapat secara aktif bergerak setidaknya 25 menit sehari. 

Biaya membatasi Aktivitas fisik / WHOwaktu dalam posisi berbaring dan duduk. 

Misalnya, Anda dapat menggunakan tangga alih-alih lift, berdiri di angkutan umum. Dan jika memungkinkan, bergantian bekerja di depan komputer sambil duduk dan berdiri.

5. Jangan sampai kecokelatan 

Jangan sampai kecokelatan
Gambar: cottonbro / Pexels
Dosis kecil radiasi ultraviolet sehat Radiasi ultraviolet / WHOuntuk kesehatan, karena merangsang produksi vitamin D. 

Tapi terlalu banyak terpapar sinar matahari berbahaya - ada risiko kanker kulit dan melanoma. 

Waktu terbaik Cara mencegah kanker / Portal resmi Kementerian Kesehatan Rusia tentang penyakit onkologisuntuk berjemur - dari pukul 8:00 hingga 11:00 dan setelah pukul 16:00.

Sebelum Anda pergi keluar di bawah sinar matahari, pastikan untuk mengoleskan krim dengan SPF minimal 30. 

Sumber cahaya buatan juga tidak aman untuk kulit. Kunjungan solarium meningkat Solarium dapat memicu melanoma dan kanker kulit / Pusat Penelitian Klinis Moskowrisiko melanoma, sel basal dan karsinoma sel skuamosa. 

Selain itu, tan buatan Tidak membantu Radiasi ultraviolet / WHOjenuh tubuh dengan vitamin D. Karena itu, lebih baik tinggalkan ide ini sepenuhnya.

6. Pergi ke check-up 

Pergi ke check-up
Gambar: cottonbro / Pexels
Pada tahap awal, penyakit onkologis tidak memiliki tanda yang spesifik. 

Demam, kehilangan nafsu makan dan gejala lainnya Program pengobatan kanker / Pusat Penelitian Medis Nasional untuk Radiologi Lembaga Anggaran Negara Federaldapat disalahartikan sebagai kerja berlebihan yang dingin atau sederhana. 

Untuk menangkap tumor, saat masih kecil dan belum menyebar, ada baiknya menjalani pemeriksaan pencegahan tahunan. 

Selain itu, warga Rusia yang berusia di bawah 40 tahun diharapkan menjalani pemeriksaan medis setiap tiga tahun sekali, dan di atas 40 tahun - setahun sekali. 

Misalnya, wanita di atas 18 tahun membutuhkan melakukan Apa itu apotik? / Portal resmi Kementerian Kesehatan Rusia tentang penyakit onkologisskrining untuk kanker serviks, dan setelah 40 tahun - juga mamografi. Pria dari usia 40 perlu menyumbangkan darah ke tingkat PSA - antigen spesifik prostat. Perubahan indikator membantu untuk mencurigai kanker prostat. 

Studi tentang tumor paru-paru, lambung dan usus besar penting bagi wanita dan pria di atas 40 tahun. Daftar lengkap pemeriksaan dan keteraturannya akan diminta di klinik di tempat tinggal.

Penyakit onkologis pada tahap awal dapat diobati secara efektif . Karena itu, jangan abaikan gejala yang tidak biasa dan lewati kunjungan ke spesialis. 

Proyek nasional " Perawatan Kesehatan " membuat diagnostik dan pengobatan penyakit onkologis berkualitas tinggi lebih mudah diakses. 

Selama tiga tahun karyanya di Rusia, 421 pusat regional untuk perawatan onkologis rawat jalan telah muncul. Sejak 2021, 18 pusat referensi telah dibuka. 

Mereka melakukan studi laboratorium jaringan dan memberi saran kepada spesialis dari institusi yang merawat kanker.

(Tg/yk)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar