Kapolres Bengkayang Patroli Cek Hutan Lindung Gunung Bawang | Borneotribun.com -->

Kamis, 15 September 2022

Kapolres Bengkayang Patroli Cek Hutan Lindung Gunung Bawang

Fhoto : Patroli Hutan Lindung Gunung Bawang (Rinto/Borneotribun)
Borneotribun Bengkayang, Kalbar -  Kapolres Bengkayang Polda Kalbar AKBP Dr. Bayu Suseno, SH, SIK, MM, MH melakukan patroli untuk melihat batas hutan lindung di Gunung Bawang yang berada di Dusun Sengkabang Desa Suka Bangun Kecamatan Sungai Betung Kabupaten Bengkayang Kalbar, Kamis (15/09/2022).

Patroli dipandu oleh El-one Setiawan yang merupakan Staf Desa Suka Bangun sekaligus Ketua Pokdarwis Gunung Bawang dan Kapolsek Sungai Betung IPTU Andri Supriyanto dan anggota.

Patroli dimulai dari Polsek Sungai Betung menggunakan Sepeda Motor jenis Trail. Jalan menuju lokasi cukup ekstrim sehingga Kapolres dan tim lainnya berhati-hati dalam berkendara.

Tidak hanya itu, dengan kondisi jalan yang becek dan berbatu, menyulitkan Kapolres dan anggota menuju ke lokasi awal.

Tiba di lokasi pertama yang merupakan titik awal batas hutan lindung Gunung Bawang, Kapolres Bengkayang melihat tugu hutan lindung yang di tanda tangani oleh Bupati Bengkayang.

“Ini adalah tugu hutan lindung dimasa lalu, sekarang sudah digeser di atas lagi untuk lokasi hutan lindung. Ini dulunya adalah prasasti yang ditanda tangani oleh bapak Bupati pada tahun 2000”, kata Kapolres.

“Disini kita mulai start naik ke gunung bawang menuju ke sumber air mudah-mudahan kita diberi kelancaran”, tambahnya.

Setelah melakukan perjalanan, Kapolres Bengkayang dan anggota lainnya tiba di pos pemberhentian pertama dengan ketinggian 236 MDPL. 

Di lokasi ini, Kapolres Bengkayang melihat bangunan bekas pembangkit listrik tenaga air yang pernah digunakan oleh Yayasan Bethesda Serukam.

“Saat ini kita berada ditempat yang dulunya pembangkit listrik tenaga air milik yayasan Bethesda Serukam. Pembangkit tenaga listrik ini untuk menerangi warga yang berada disekitar rumah sakit serukam yaitu di Dusun Serukam Desa Pasti Jaya Kecamatan Samalantan," paparnya.

“Ada sekitar 99 tiang listrik untuk menyalurkan listrik kepada masyarakat dan berhenti operasi sekitar tahun 2012 dengan status masih mik rumah Sakit Serukam," tambahnya.

Di hutan lindung Gunung Bawang ini, Kapolres Bengkayang dan anggota sempat menikmati pemandangan dan jernihnya serta sejuknya air gunung bawang.

Setelah beristirahat cukup lama, Kapolres Bengkayang dan anggota turun untuk kembali ke Bengkayang.

“Alhamdulillah, untuk ekspedisi gunung bawang Kecamatan Sungai Betung berjalan dengan baik dan tim dalam keadaan selamat," tutup Kapolres Bengkayang.


Reporter : Rinto Andreas
Editor      : R. Hermanto 

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar