La Ode Muhamad Joko Widodo Lakina Bawaangi Yi Nusantara, Gelar Penghormatan Tertinggi Kesultanan Buton Untuk Jokowi | Borneotribun.com -->

Selasa, 27 September 2022

La Ode Muhamad Joko Widodo Lakina Bawaangi Yi Nusantara, Gelar Penghormatan Tertinggi Kesultanan Buton Untuk Jokowi

La Ode Muhamad Joko Widodo Lakina Bawaangi Yi Nusantara, Gelar Penghormatan Tertinggi Kesultanan Buton Untuk Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima gelar adat Buton yang diberikan langsung oleh Kesultanan Buton. (BorneoJakarta/Ho-IM)
BorneoJakarta -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima gelar adat Buton yang diberikan langsung oleh Kesultanan Buton. Jokowi diberi gelar La Ode Muhamad Joko Widodo Lakina Bawaangi Yi Nusantara.  

“Gelar kehormatan adat dan budaya Kesultanan Buton yang dianugerahkan kepada Bapak Presiden Republik Indonesia adalah La Ode Muhammad Lakina Bawangi Yi Nusantara," kata Panglima Kesultanan Buton, Kapitalau Sukanaeo La Ode Alirman, Selasa (27/9/2022).  

Pemberian gelar kepada Jokowi dilandaskan kepada kepemimpinannya yang dinilai mementingkan kepentingan rakyat. 

Mantan Walikota Solo ini disebut memiliki ketulusan dalam memimpin.  

Gelar tersebut bermakna: "Seorang laki-laki yang memiliki sikap dan perilaku yang mulia, rendah hati, sopan santun, arif dan bijaksana, jujur dan adil, bertanggungjawab, memberi teladan dan panutan, serta memiliki komitmen yang tinggi dalam menyejahterakan dan memakmurkan seluruh rakyat di Nusantara (Indonesia)".  

Secara rinci, gelar yang diberikan kepada Jokowi memiliki makna yang dalam di Kesultanan Buton. 

"LA" adalah ungakapan, sapaan atau panggilan yang dilekatkan pada nama seorang laki-laki dalam komunitas masyarakat Buton. “ODE" adalah pujian yang diberikan kepada seseorang karena memiliki multi talenta yakni rendah hati, sopan santun, teladan, hingga jujur.  

Makna “LAKINA” jabatan sebagai pimpinan dalam sebuah kadie, wilayah, daerah atau suatu negara. 

“BHAWAANGI" adalah batasan wilayah atau ruang lingkup kerja yang menjadi wewenang dan tanggung jawab dalam mengelola seluruh potensi sumber daya yang ada dalam wilayah tersebut.  

"NUSANTARA" adalah sebuah istilah yang berasal dari perkataan dalam bahasa Kawi (sebuah bentuk bahasa Jawa Kuno yang banyak dipengaruhi oleh bahasa Sanskerta), yang terdiri dari dua kata yakni "NUSA" yang berarti "PULAU" dan "ANTARA" yang berarti "LUAR" atau secara spesifik merujuk kepada Indonesia (kepulauan Indonesia) meliputi Sabang sampai Merauke, Miangas sampai Pulau Rote".

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar