Paralayang, Lepas Landas Di Bukit Rindu Alam | Borneotribun.com -->

Kamis, 15 Desember 2022

Paralayang, Lepas Landas Di Bukit Rindu Alam

Diklat Paralayang Lanud TNI AU Harry Hadisoemantri.
Bengkayang, Kalbar - Prajurit TNI AU Lanud Harry Hadisoemantri yang melaksanakan Diklat Paralayang mendapatkan materi lepas landas/terbang menggunakan parasut di Bukit Rindu Alam kota Singkawang, Rabu (14/12/2022) kemarin.

Instruktur Paralayang, Samsul mengatakan harapan kedepannya untuk yang masih muda agar supaya bisa dapat menjadi atlit paralayang, sedangkan kalau umur yang 30 tahun keatas difokuskan untuk pariwisata.

"Melihat sementara perkembangan dari para siswa sejak hari pertama sampai hari ini sudah lumayan bagus dan nanti jika sudah sampai 10 kali terbang baru keliatan yang mana bisa lanjut untuk prestasi," Ujarnya.

Paralayang merupakan olahraga yang menantang alam di udara, dengan bantuan parasut yang dapat melambung di udara.

Samsul menjelaskan dimana secara langsung dapat menjadi pilot dengan parasut yang diterbangkan, namun untuk menjadi pilot paralayang perlu adanya latihan yang rutin atau latihan dasar (ground handling) untuk melambungkan parasut sebelum melakukan first jump di atas take off.

"Untuk pemula biasanya dilakukan dilapangan, latihan pun dibantu oleh Pelatih/Instruktur dan para senior pilot yang sudah mahir dalam hal memainkan paralayang. Awal latihan seringkali menggunakan parasut yang lebih ringan untuk para pemula," Tutupnya.

Oleh : Rinto Andreas
Editor : R. Hermanto

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar