Enam Cara Agar Tidak Terjebak Berita Hoaks | Borneotribun.com -->

Sabtu, 28 Januari 2023

Enam Cara Agar Tidak Terjebak Berita Hoaks

Gambar ilustrasi.
Borneotribun -- Hi Sahabat Anti Hoaks! Perlu kalian ketahui, Hoaks adalah informasi yang tidak benar atau palsu yang sengaja dibuat dan disebarluaskan untuk menyesatkan orang. 

Terlebih lagi Hoaks dapat muncul dalam berbagai bentuk, seperti berita, gambar, video, atau pesan teks. 

Selain itu, Hoaks dapat muncul di berbagai platform, seperti situs web, media sosial, atau aplikasi pesan dan Hoaks dapat menyebabkan kerugian bagi individu, organisasi, atau masyarakat secara keseluruhan. 

Hoaks dapat menyebabkan kepanikan, kerusakan reputasi, atau kerugian finansial. Hoaks juga dapat mempengaruhi opini publik dan keputusan politik.

Sahabat anti hoaks perlu menghindari jangan sampai terjebak dalam hoaks, penting untuk memverifikasi kebenaran informasi sebelum mempercayainya atau menyebarluaskannya.

Beberapa cara supaya sahabat anti hoaks bisa memverifikasi kebenaran informasi adalah dengan mengecek sumber informasi, mencari konfirmasi dari sumber lain, dan mencari tanda-tanda yang menunjukkan bahwa informasi tersebut adalah hoaks.

Berikut enam cara agar sahabat anti hoaks tidak terjebak dengan berita Hoaks. 

1. Verifikasi sumber: 
Gambar ilustrasi.
Sahabat anti hoaks memastikan untuk mengecek sumber dari informasi yang sahabat anti hoaks dapatkan. Sahabat anti hoaks selalu cek apakah sumber tersebut dapat dipercaya atau tidak.

2. Cek fakta: 
Gambar ilustrasi.
Sahabat anti hoaks pastikan juga untuk mengecek fakta dari informasi yang sahabat anti hoaks terima. Sahabat anti hoaks dapat menggunakan beberapa situs web seperti fact-check.org atau snopes.com untuk mengecek keabsahan informasi.

3. Jangan terlalu cepat percaya: 

Jangan terlalu cepat percaya pada informasi yang sahabat anti hoaks dapatkan. Pastikan untuk melakukan verifikasi dan cek fakta sebelum membagikan informasi kepada orang lain.

4. Jangan menyebarkan hoax:
Gambar ilustrasi.
Sahabat anti hoaks jangan membagikan informasi yang diduga hoaks kepada orang lain. Ini akan membantu menghentikan penyebaran hoaks.

5. Berlangganan berita dari sumber yang terpercaya:
Gambar ilustrasi.
Sahabat anti hoaks dapat berlangganan berita dari sumber yang terpercaya dapat membantu untuk mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya

6. Menggunakan aplikasi anti hoax:

Gunakan aplikasi anti hoaks yang tersedia di playstore atau appstore seperti Aplikasi Hoax BusterTools. 

Demikian enam cara agar sahabat anti hoaks tidak terjebak dengan berita hoaks.

Penulis: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar