Kemarin, Jokowi tinjau Blok Rokan hingga obligasi 3 miliar dolar AS | Borneotribun.com -->

Jumat, 06 Januari 2023

Kemarin, Jokowi tinjau Blok Rokan hingga obligasi 3 miliar dolar AS

Kemarin, Jokowi tinjau Blok Rokan hingga obligasi 3 miliar dolar AS
Kemarin, Jokowi tinjau Blok Rokan hingga obligasi 3 miliar dolar AS.
Jakarta -  Kunjungan Presiden Jokowi ke Blok Rokan di Provinsi Riau, salah satu wilayah kerja minyak tertua di Indonesia, mewarnai peristiwa terpopuler bidang ekonomi yang terjadi di Indonesia sepanjang Kamis kemarin (5/1/2022).

Selain itu, penerbitan tiga obligasi senilai 3 miliar dolar AS dan penandatanganan dua kontrak kerja sama migas di perairan Aceh turut masuk deretan berita ekonomi populer.

Berikut berita-berita ekonomi yang dapat menjadi asupan wawasan pada Jumat pagi ini:

Jokowi tinjau Blok Rokan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proses produksi minyak dan gas bumi di Blok Rokan, Provinsi Riau, salah satu wilayah kerja migas tertua di Indonesia yang dikelola oleh PT Pertamina Hulu Rokan.

Ia mengapresiasi produksi minyak di Blok Rokan yang mulai mengalami peningkatan secara signifikan sejak pengelolaan diambil alih Pertamina. Meski demikian Kepala Negara mendorong agar terus terjadi peningkatan dengan target mencapai 400 ribu barel per hari.

Pemerintah terbitkan obligasi global 3 miliar dolar AS

Pemerintah sukses menerbitkan tiga surat utang negara (SUN) atau obligasi global sebesar 3 miliar dolar AS dengan tenor lima, 10, dan 30 tahun dengan format SEC-Registered pada 5 Januari 2023.

Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan mengungkapkan transaksi itu mencerminkan optimisme pemerintah masuk di pasar global sebagai negara pasar berkembang pertama di Asia yang menerbitkan obligasi global pada tahun 2023.

Penekenan dua kontrak kerja sama migas di Aceh

Dua wilayah kerja minyak dan gas bumi di Provinsi Aceh, yakni Blok Offshore North West Aceh (Meulaboh) dan Blok Offshore South West Aceh (Singkil) resmi diteken dengan nilai investasi 30 juta dolar AS.

Wilayah Kerja Offshore North West Aceh (Meulaboh) memiliki potensi sumber daya 800 juta barel minyak (MMBO) dan gas bumi hingga 4,8 triliun kaki kubik (Tcf). Sedangkan, Wilayah Kerja Offshore South West Aceh (Singkil) memiliki potensi sumber daya 1,4 miliar barel minyak (BBO) dan 8,6 triliun kaki kubik (Tcf).

Indonesia dorong ASEAN jadi jangkar stabilitas ekonomi global

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menyatakan Indonesia mendorong Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) menjadi jangkar stabilitas perekonomian global melalui keketuaannya dalam ASEAN 2023.

“Pemerintah terus mendorong ASEAN menjadi kawasan yang stabil dan damai untuk menjadi jangkar stabilitas perekonomian global,” ujarnya di Jakarta.

IHSG melemah 2,34 persen

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis sore jatuh di tengah menguatnya bursa saham regional Asia.

IHSG ditutup melemah 159,4 poin atau 2,34 persen ke posisi 6.653,84. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 turun 18,87 poin atau 2,03 persen ke posisi 909,66.

Oleh : Sugiharto Purnama/Antara
Editor : Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar