Korban Tewas Topan di Selandia Baru Capai 9 Orang | Borneotribun.com -->

Minggu, 19 Februari 2023

Korban Tewas Topan di Selandia Baru Capai 9 Orang

Korban Tewas Topan di Selandia Baru Capai 9 Orang
Kerusakan akibat hantaman Topan Gabrielle di Lembah Esk dekat Napier, Selandia Baru, 18 Februari 2023. (AFP)
JAKARTA - Jumlah korban tewas akibat Topan Gabrielle di Selandia Baru bertambah menjadi sembilan orang, Sabtu (18/2) di tengah aksi tim penyelamatan orang hilang dan pembersihan di Pulau Utara.

Topan itu menghantam wilayah paling atas Pulau Utara pada Minggu (12/2) dan menyusuri pantai timur, menyebabkan kerusakan yang meluas.

Polisi, Sabtu (18/2) mengatakan mereka sedang menyelidiki kemungkinan kematian seseorang terkait topan di wilayah Hawke's Bay yang terpukul parah, sehingga jumlah korban tewas menjadi sembilan.

Mendapatkan bantuan untuk masyarakat yang terkena dampak juga menjadi prioritas. Pihak Angkatan Laut mengatakan sebuah kapal dengan 26 ton perbekalan sedang dalam perjalanan ke Napier, di Hawke's Bay.

Perdana Menteri Chris Hipkins mengatakan aksi cepat tanggap terhadap krisis "masih berlangsung dan terdapat sumber daya manusia di seluruh Pulau Utara yang bekerja sepanjang waktu.”

Hipkins menyebut Gabrielle sebagai bencana alam terbesar yang melanda Selandia Baru abad ini.

Ia mengatakan jumlah korban tewas kemungkinan akan meningkat karena para kru melakukan kontak dengan ratusan komunitas yang terputus.

Hampir 5.000 orang pada Jumat (17/2) malam terdaftar di polisi karena tidak dapat berhubungan dengan teman atau keluarga sejak topan melanda, kata pihak berwenang pada Sabtu (18/2), sementara 885 orang telah terdaftar aman. [ah/es]

Oleh: VOA Indonesia
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar