Tindakan Brutal: Serangan Pemukim Israel Terhadap Jemaah Palestina di Masjid Ibrahimi, Hebron: Kisah Kekerasan di Wilayah Tepi Barat | Borneotribun.com -->

Selasa, 19 Desember 2023

Tindakan Brutal: Serangan Pemukim Israel Terhadap Jemaah Palestina di Masjid Ibrahimi, Hebron: Kisah Kekerasan di Wilayah Tepi Barat

Tindakan Brutal: Serangan Pemukim Israel Terhadap Jemaah Palestina di Masjid Ibrahimi, Hebron: Kisah Kekerasan di Wilayah Tepi Barat
Arsip foto - Ratusan jemaah yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pasaman Barat Peduli usai melaksanakan shalat ghaib di Masjid Agung Baitul Ilmi untuk muslim yang menjadi korban di Palestina, Sabtu (18/11/2023). ANTARA/Altas Maulana.
JAKARTA – Sejumlah jemaah Palestina di Masjid Ibrahimi di Kota Hebron, wilayah selatan dari daerah Tepi Barat yang dipertikaikan, dilaporkan menjadi sasaran serangan yang dilakukan oleh sekelompok pemukim Israel pada saat shalat magrib, Senin (18/12).

Menurut laporan dari kantor berita resmi Palestina, Wafa, serangan tersebut melibatkan penggunaan semprotan merica oleh pemukim Israel, yang menyebabkan para jemaah Palestina mengalami sesak napas dan luka bakar.

Video yang diunggah oleh sejumlah pegiat media sosial memperlihatkan kondisi para jemaah Palestina yang mengalami kesulitan pernapasan dan tergeletak akibat serangan tersebut.

Sementara otoritas Israel tidak memberikan komentar terkait insiden ini, peristiwa tersebut terjadi setelah pembantaian 29 jemaah Palestina oleh pemukim ekstremis Yahudi, Baruch Goldstein, pada tahun 1994.

Masjid Ibrahimi telah dibagi oleh otoritas Israel menjadi dua bagian antara jemaah Muslim dan Yahudi setelah insiden pembantaian tersebut. Pada Juli 2017, Komite Warisan Dunia UNESCO memasukkan Masjid Ibrahimi dan Kota Tua Hebron ke dalam Daftar Warisan Dunia.

Hebron menjadi tempat tinggal bagi sekitar 160.000 Muslim Palestina dan sekitar 500 pemukim Yahudi. Pemukim tersebut tinggal di daerah kantong khusus yang dijaga ketat oleh pasukan Israel.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar