Cabai Rawit Rp30 Ribu, Jokowi Cek Pasar Mungkid | Borneotribun.com -->

Selasa, 30 Januari 2024

Cabai Rawit Rp30 Ribu, Jokowi Cek Pasar Mungkid

Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Mungkid, Kabupaten Magelang, Senin (29/01/2024), untuk mengecek harga-harga kebutuhan pokok. (Foto: BPMI Setpres/Kris)
Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Mungkid, Kabupaten Magelang, Senin (29/01/2024), untuk mengecek harga-harga kebutuhan pokok. (Foto: BPMI Setpres/Kris)
JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) memulai kunjungan kerjanya di Provinsi Jawa Tengah dengan mengunjungi Pasar Mungkid, Kabupaten Magelang, pada Senin (29/01/2024).

Kunjungan tersebut dilakukan Presiden untuk mengecek secara langsung harga-harga kebutuhan pokok dan berinteraksi dengan pedagang serta masyarakat setempat.

Setibanya di Pasar Mungkid, Presiden Jokowi disambut hangat oleh pedagang dan masyarakat sekitar. Beliau langsung berbaur dengan pedagang dan bertanya mengenai harga berbagai bahan pokok seperti beras, cabai, dan bawang merah.

"Saya sudah hampir dua minggu tidak pernah masuk pasar, saya ingin cek di Pasar (Mungkid) Magelang," ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya setelah melakukan peninjauan.

Menurut hasil pengamatannya, harga-harga kebutuhan pokok di Pasar Mungkid terpantau stabil. 

Sebagai contoh, harga cabai rawit berada di kisaran Rp30 ribu per kilogram.

"Hampir semuanya dalam kondisi baik, harga cabai rawit sekarang sudah mencapai Rp30 ribu per kilogram, sedangkan harga bawang merah berkisar antara Rp20-22 ribu per kilogram. Hanya ada sedikit kenaikan harga beras, namun yang lainnya tetap stabil," jelasnya.

Presiden menjelaskan bahwa kenaikan harga beras disebabkan karena belum memasuki masa panen besar. 

Beliau optimis bahwa harga beras akan turun ketika pasokan melimpah saat masa panen tiba.

"Kita belum memasuki masa panen besar. Ketika masa panen tiba dan pasokan melimpah, harga beras juga akan turun," tandasnya.

Selain mengecek harga, Presiden Jokowi juga memberikan sejumlah bantuan sosial kepada para pedagang. 

Salah satunya adalah Nunung, seorang pedagang ayam, yang merasa senang dan bersyukur atas bantuan modal kerja yang diberikan oleh Presiden.

"Bantuan ini akan saya gunakan sebagai tambahan modal usaha dan untuk ditabung. Saya berharap bantuan ini akan terus dilanjutkan dan semoga Presiden Jokowi diberikan kelancaran dalam menjalankan tugasnya ke depannya," ujarnya.

Muhammad Tosin, seorang penjual sayuran, juga menyampaikan rasa senangnya bisa bertemu dengan Presiden Jokowi yang dianggapnya sebagai sosok yang rendah hati dan dekat dengan rakyat. 

Ia berharap agar kondisi ekonomi Indonesia semakin membaik di masa mendatang.

"Saya berharap agar tahun-tahun mendatang harga-harga bisa lebih stabil, dan kondisi ekonomi semakin membaik terutama bagi para pedagang kecil seperti kami," ucapnya.

Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut didampingi oleh sejumlah pejabat, antara lain: Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tandyo Budi Revita, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi, serta Bupati Magelang Zaenal Arifin.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar