Area Tubuh yang Tidak Cocok Diberi Pelembab Menurut Dokter Kulit | Borneotribun.com -->

Kamis, 01 Februari 2024

Area Tubuh yang Tidak Cocok Diberi Pelembab Menurut Dokter Kulit

Area Tubuh yang Tidak Cocok Diberi Pelembab Menurut Dokter Kulit. Ilusteasi perawatan kulit (Pexels/ cottonbro studio)
Area Tubuh yang Tidak Cocok Diberi Pelembab Menurut Dokter Kulit. Ilusteasi perawatan kulit (Pexels/ cottonbro studio)
JAKARTA - Dokter kulit dari Universitas Udayana, Dr. Ricky Maharis, Sp.KK, memberikan penjelasan mengapa sebagian area tubuh tidak dianjurkan untuk menggunakan krim pelembab. 

Dalam acara peluncuran CeraVe di Senayan City, Jakarta, pada hari Rabu, Dr. Ricky menyatakan, "Pelembab itu sangat baik untuk tubuh, bahkan dapat membuat awet muda apabila dengan rutin diaplikasikan sejak muda, namun, ada beberapa bagian yang sebaiknya tidak diberikan pelembab."

Menurut Dr. Ricky, area-area tertentu seperti ketiak, lipatan paha, lipatan bokong, dan terutama bagian selangkangan sebaiknya tidak diberi pelembab. 

Ia menjelaskan bahwa lipatan-lipatan tubuh telah memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi, sehingga penambahan krim pelembab dapat menyebabkan masalah kesehatan.

"Menggunakan pelembab di lipatan tubuh tidak disarankan, karena di bagian-bagian itu seperti lipatan ketiak, lipat paha, selangkangan, itu sudah memiliki sel minyak yang lebih, dan tidak boleh keadaannya terlalu lembab. 

Bila terlalu lembab, jamur dan bakteri akan tumbuh di situ, sehingga infeksi," tambah Dr. Ricky.

Dr. Ricky menekankan pentingnya pemilihan krim pelembab yang sesuai dengan jenis kulit dan memerhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. 

Ia menyarankan agar krim pelembab dioleskan saat kulit masih sedikit basah setelah mandi, sehingga mudah diserap oleh kulit.

"Penting untuk memilih krim pelembab yang sesuai dengan jenis kulit dan memerhatikan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Selain itu, konsistensi penggunaan yang rutin akan membantu mencapai manfaat yang optimal untuk kulit," ungkapnya.

Dr. Ricky juga menjelaskan bahwa krim pelembab dapat membantu memperbaiki fungsi barier alami kulit yang penting untuk melindungi kulit dari infeksi dan iritasi. 

Beberapa krim pelembab yang baik juga mengandung bahan-bahan aktif seperti vitamin, antioksidan, dan tabir surya SPF 30 untuk melindungi kulit dari sinar matahari.

"Dengan demikian, pemilihan dan penggunaan krim pelembab yang tepat dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit," tutup Dr. Ricky.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar