Kaesang Pangarep: Jokowi Bisa Jadi Ketua Umum PSI? | Borneotribun.com -->

Kamis, 08 Februari 2024

Kaesang Pangarep: Jokowi Bisa Jadi Ketua Umum PSI?

Kaesang Pangarep: Jokowi Bisa Jadi Ketua Umum PSI?
Ketua Umum (Ketum) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep saat makan malam bersama Presiden Jokowi dan sejumlah PSI di Sun Plaza, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (7/2/2024) malam. ANTARA/Tri Meilani Ameliya
JAKARTA - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, memberikan isyarat bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa saja menduduki posisi Ketua Umum PSI jika memutuskan untuk bergabung dengan partai tersebut. 

Kaesang menggambarkan posisi Ketua Umum sebagaimana jaket berwarna merah yang tengah dikenakannya, dengan jelas bertuliskan "Ketua Umum".

"Saya sebagai ketua umum berharap-nya seperti itu (Jokowi bergabung ke PSI). Insya Allah, kalau mau, nanti bisa pakai jaket ini (jaket PSI dengan identitas ketua umum), tapi tanpa nama saya," ujar Kaesang kepada wartawan usai makan malam bersama Presiden Jokowi dan sejumlah kader PSI di Sun Plaza, Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu malam.

Komentar Kaesang ini muncul sebagai tanggapan atas pertanyaan wartawan mengenai kemungkinan Jokowi bergabung ke PSI apabila partai tersebut berhasil melewati ambang batas parlemen di Pemilu 2024.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Pasal 414 ayat (1) menetapkan bahwa partai politik yang ingin menjadi peserta pemilu harus memenuhi ambang batas perolehan suara, yaitu minimal empat persen dari total suara sah secara nasional untuk dapat memperoleh kursi anggota DPR.

Sebelumnya, dalam kesempatan yang sama, Jokowi memberikan tanggapan terkait dukungannya terhadap PSI menjelang Pemilu 2024 yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024. 

Ini merupakan pertemuan ketiga mereka yang diketahui oleh publik.

"Sudah saya sampaikan, saya sejak dulu sudah senang sama yang namanya PSI," ungkap Jokowi.

Jokowi dan Kaesang telah bertemu sebanyak tiga kali, pertama saat akhir pekan di Yogyakarta pada Sabtu (27/1), kedua di Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (3/2), dan kali ini di Medan, Sumatera Utara.

Oleh: Antara/Tri Meilani Ameliya
Editor: Yakop

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar