Sunra Indonesia Dorong Pertumbuhan Industri Kendaraan Listrik Nasional | Borneotribun.com -->

Senin, 06 Mei 2024

Sunra Indonesia Dorong Pertumbuhan Industri Kendaraan Listrik Nasional

Sunra Indonesia Dorong Pertumbuhan Industri Kendaraan Listrik Nasional
Pembangunan pabrik Sunra Indonesia dengan total rencana investasi sebesar 120 juta dolar AS di Kendal, Jawa Tengah. (ANTARA/HO)

JAKARTA - PT Sunra Asia Pasifik Hi-Tech (Sunra Indonesia) tengah melangkah maju dengan pembangunan pabrik sepeda motor listrik terbesar di Kawasan Industri Kendal, Jawa Tengah. 

Investasi sebesar 120 juta dolar AS (Rp 1,91 triliun) tersebut menandai komitmen Sunra dalam mendukung industri kendaraan listrik di Indonesia.

Menurut Chairman Sunra Group, Zhang Chongshun, pembangunan pabrik ini penting untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan purna jual. 

Dia menyatakan, "Kami berharap dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap program pemerintah dan mempercepat terbentuknya ekosistem kendaraan listrik di Indonesia."

Pabrik Sunra Indonesia akan dibangun dalam dua tahap di atas lahan seluas 12,7 hektar dengan rencana selesai pada tahun 2025. Dengan kapasitas produksi tahunan mencapai 1 juta kendaraan listrik roda dua, pabrik ini akan menjadi salah satu yang terbesar di kawasan tersebut.


Pembangunan pabrik tidak hanya akan meningkatkan investasi dalam negeri dan pasokan kendaraan ramah lingkungan, tetapi juga akan menciptakan peluang kerja baru. Diperkirakan, pabrik ini akan menyerap 1.500 tenaga kerja lokal.

Groundbreaking ceremony pembangunan pabrik telah dilakukan pada Jumat (3/5), dihadiri oleh perwakilan pemerintah, termasuk Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang diwakili oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian Indonesia, Taufik Bawazier.

Taufik Bawazier menjelaskan bahwa pemerintah tengah fokus pada program percepatan elektrifikasi kendaraan bermotor untuk mengurangi emisi gas rumah kaca. 

"Beberapa isu terkait perubahan iklim dan peningkatan tren energi baru dan terbarukan telah menjadi katalisator transformasi industri kendaraan bermotor di Indonesia," tambahnya.

Seiring dengan fokus pemerintah, Kemenperin telah menerbitkan beberapa peraturan untuk mendukung percepatan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia, yang diharapkan dapat menarik lebih banyak investasi dan mempercepat penetrasi pasar kendaraan listrik di tanah air.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar