Sekadau Ditetapkan Berstatus KLB | Borneotribun.com -->

Selasa, 26 Mei 2020

Sekadau Ditetapkan Berstatus KLB


Fhoto :  Rapat Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Di Ruang Rapat Wakil Bupati Sekadau.


BORNEOTRIBUN I SEKADAU - Menanggapi adanya 3 kasus Terkonfirmasi Covid-19 dikabupaten sekadau, Gugus Tugas percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Sekadau gelar rapat bahas status Kabupaten Sekadau dan pelaksanaan isolasi ketat yang bertempat di ruang rapat Wakil Bupati Sekadau. Selasa, 26/5/20.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau (Sekda) H. Zakaria sebagai pemandu acara yang juga sebagai pelaksana harian Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 mengatakan, agenda rapat Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 tersebut yakni membahas atau merubah status Siaga Covid-19 menjadi Kejadian Luar Biasa (KLB), Isolasi ketat terhadap pasien Positif terkait tempat isolasi dan Press Release. 

Sementara, Juru bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Sekadau, Henry Alpius menyampaikan, total reaktif di Sekadau ada 35 orang dan 8 orang sudah test swab. 

"Namun sudah kita isolasi mandiri, selanjutnya akan di Rapid Test ulang ". Jelas Hendry Alpius. 

Selanjutnya akan dilakukan trecing terhadap cluster Kuala Lumpur dan Rapid test di daerah pasar karena menjelang lebaran pasar sangat ramai. 

"Hari ini kami akan melakukan penjemputan warga yang terkonfirmasi positif untuk di karantina ketat. Kita rawat hingga 7 hari kemudian kita lakukan test swab. Kita juga mengusulkan KLB dan pembatasan berskala besar (PSBB) lokal bagi di wilayah yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19". jelas Henry. 

Wakil Bupati Sekadau meminta setelah lebaran ini supaya Dinas Kesehatan lakukan Rapid Test diwilayah yang ramai seperti pasar dan supermarket untuk memutus mata rantai penyebaran wabah Covid-19 dan yang sudah di Rapid Test per tanggal 13 Mei lalu supaya di Rapid Test ulang. 

Terkait orang tanpa gejala (OTG) yang belum keluar hasil swab_nya juga meminta pihak Puskesmas, Camat, Polsek dan Danramil supaya memantau pergerakan OTG tersebut supaya tidak berkeliaran. 

"Kedepan apabila reaktif, harus langsung di test Swab," pinta Aloysius. 

Bupati Sekadau, Rupinus selaku Ketua Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengatakan, langkah pertama agar dilakukan isolasi ketat terhadap yang terpapar. 
Selain itu, segera lakukan tracing atau penelusuran terhadap orang-orang yang berkontak langsung dengan yang positif. 

" mohon pengawasan juga dari Satpol PP, TNI-Polri,l dengan memakai alat pelindung diri (APD) lengkap. Jangan sampai pasien tersebut keluar dan harus suplay sembako ". Pinta Bupati. 

Sementara untuk ASN yang pulang kampung lebaran kemarin supaya di Rapid Test, apalagi yang pulang dari daerah zona merah.

" mulai hari ini kita lakukan status Kejadian Luar Biasa (KLB) ". Tegas Bupati Rupinus. 


Penulis : Tim Liputan
Editor    : Herman


*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar