Hadiri Mubes III PDKS, Ini Pesan Paolus Hadi | Borneotribun.com -->

Selasa, 29 September 2020

Hadiri Mubes III PDKS, Ini Pesan Paolus Hadi

Hadiri Mubes III PDKS, Ini Pesan Paolus Hadi
musyawarah besar (Mubes) ke-3 Pemuda Dayak Kabupaten Sanggau (PDKS). (Foto: BT/LB)


BorneoTribun | Sanggau, Kalbar - Bupati Sanggau Paolus Hadi secara resmi membuka musyawarah besar (Mubes) ke-3 Pemuda Dayak Kabupaten Sanggau (PDKS) yang berlangsung dari tanggal 28-29 September 2020 di grand Narita Hotel Sanggau, Senin (28/9/2020).

Bupati Sanggau,Paolus Hadi dalam sambutannya, secara tegas mengatakan, PDKS harus berani dan bisa dengan tantangan kedepan.Menurutnya, tantangan terbesar kedepan adalah sikap individualistis. Organisasi ini diibaratkan sebuah batang pohon, mengapa demikian, daun bisa hijau, kuning, merah akibat dia makan dari akar melewati batang. Daun ini rontok karena akar tidak bagus konsumsi makanannya, batang bolong tengahnya, seratnya tidak bagus menerima makanan, makanya batang ini menjadi pusatnya. Ketika pemuda Dayak yang ada adalah batangnya ini tersumbat dengan individualistik maka hasilnya akan jelek. 

"Ubahlah sifat individualistik ini,” pesannya.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Kabupaten Sanggau itu menegaskan PDKS adalah mitra Pemerintah. Karenanya, berikan dukungan kepada pemerintah. Bantu masyarakat. Jangan sampai ada yang kelaparan di tengah situasi pandemi Covid-19. Pastikan juga kondisi aman. 
"Kalau ada yang macam-macam, PDKS harus bantu aparat,” tambahnya.

PH mengajak seluruh pemuda Dayak untuk kembali kepada semangat rumah betang.Orang tua kita dulu, mereka bisa hidup rukun dalam satu rumah. Adat yang mereka pegang kuat. Kebersamaanya. Keterbukaanya. Kalau satu sakit yang lain pasti merasakan. Semangatnya itu yang maksud saya harus kita pertahankan, bukan hanya untuk komunitas Dayak saja, tapi untuk semua. Karena memang waktu itu yang ada hanya komunitas Dayak.

Di akhir sambutannya, kepada siapapun nanti yang terpilih dalam Mubes ke-3, ia berpesan untuk membangun koordinasi dengan jajaran Forkompimda dan para tokoh adat, tokoh agama dan organisasi kepemudaan termasuk organisasi wartawan.

“Jangan bingung setelah jadi pengurus. Langkah pertama kalian laporan kesemuanya, supaya kalian didukung dan bermartabat. Ini yang masih kurang saya lihat. Harus dibangun komunikasi dengan semuanya,” tutupnya.

Hadir juga dalam Mubes tersebut Wakil Bupati yang juga Ketua DAD Sanggau Yohanes Ontot, Ketua DPRD Sanggau Jumadi, Kajari Sanggau Tengku Firdaus, Waka Polres Agus Dwi Cahyono, Pasi Iintel Kodim 1204/Sgu Kapten. Syaiful Husna, Plt Kepala Dinas Porapar Sanggau Rizma Aminin dan sejumlah pengurus PDKS dari tingkat Kabupaten hingga Kecamatan di Kabupaten Sanggau.

Penulis : Libertus
Editor    : Hermanto

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar