PMM UMM Meliau Hulu Menciptakan Masyarakat Yang Produktif Dengan KRPL | Borneotribun.com -->

Minggu, 13 September 2020

PMM UMM Meliau Hulu Menciptakan Masyarakat Yang Produktif Dengan KRPL

Foto: pmm.umm.meliau


BORNEOTRIBUN -- Kawasan Rumah Pangan Lestari atau disebut dengan KRPL, merupakan program kerja terakhir dari PMM UMM Meliau Hulu. KRPL dilakukan dengan menggandeng ibu-ibu rumah tangga di Desa Meliau Hulu. 


Program ini merupakan program untuk memanfaatkan pekarangan rumah yang sempit secara maksimal. KRPL dapat menciptakan masyarakat atau ibu-ibu yang lebih produktif di tengah pandemic. 

Foto: pmm.umm.meliau


Dengan menanam sayur mayur di pekarangan ibu-ibu dapat mengurangi pengeluaran belanja, dan mengurangi polusi. Serta dapat membuat suasana lebih hijau sehingga terasa lebih menyejukkan, asri dan menenangkan.

Foto: pmm.umm.meliau


KRPL dilaksanakan karena melimpahnya tanah subur disekitar pabrik yang terletak di Kecamatan Meliau. 


Sehingga, seharusnya dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat sekitar. Tidak hanya itu, bahan yang digunakan untuk KRPL dapat menggunakan bahan bekas, seperti gelas plastic air mineral, sterofoam sisa makanan dan lain-lain.

KRPL disambut dengan antusias yang tinggi dari ibu-ibu. Hal ini terlihat dari semangat para ibu-ibu saat kegiatan KRPL berlangsung. 


Ibu-ibu juga dapat edukasi tentang menanam secara hidroponik, seperti cara menanamnya, dan cara merawatnya tumbuhan yang ditanam secara hidroponik.

Foto: pmm.umm.meliau


PMM UMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang) adalah sebuah program dari Universitas Muhammadiyah Malang menggantikan KKN (Kuliah Kerja Nyata). 


PMM dilaksanakan di desa salah satu anggota kelompok, sesuai dengan diskusi kelompok masing-masing. 


PMM UMM Gelombang 6 Kelompok 2 ini beranggotakan 5 mahasiswi yaitu, Dwi Hastari, Fadila Rahma, Sheren Mega, Vasya Mutia dan Lulu Afifah. Melakukan PMM di desa Meliau Hulu, Kecamatan Meliau, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. 


PMM UMM Gelombang 6 Kelompok 2 ini dibimbing secara online oleh Bapak Setiya Yunus, M.Pd, selaku Dosen Pembimbing Lapang (DPL) dari Universitas Muhammadiyah Malang.


Jangan lupa cek dan follow inastagram kami di : pmm.umm.meliau

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar