Iklan

Iklan

Olahraga Membantu Meningkatkan Kesehatan Mental

Redaksi
17/10/20, 09:00 WIB Last Updated 2020-10-17T02:00:10Z
Olahraga Membantu Meningkatkan Kesehatan Mental
Latihan intensif dipercaya dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan jiwa maupun kekompakan dan solidaritas sosial. (Foto: ilustrasi).


BorneoTribun - Mereka yang tinggal di daerah pedesaan Tasmania, Australia, terus mengalami lebih banyak depresi dan perasaan terisolasi dibandingkan mereka yang tinggal di daerah pinggiran kota. Saat ini ada upaya di kota pedesaan Tasmania untuk meningkatkan kesehatan mental penduduk, dengan membantu penduduk setempat meningkatkan kebugaran fisik mereka.


Andrew Dean adalah peternak domba generasi ketiga di keluarganya yang tumbuh di wilayah tengah selatan Tasmania, Australia. Sejak ayahnya masih kecil, dia suka bermain kriket dan bulu tangkis. Dekan juga aktif terlibat dalam kegiatan olahraga di berbagai klub di komunitasnya.


Hubungan komunitas inilah yang akhirnya membuat Dean mengejar karir di bidang kesehatan mental di wilayah Tasmania di mana banyak orang mengalami masalah dengan hal ini.


Pada 2017 dan 2018, LSM Rural Alive and Well, yang aktif menangani masalah kesehatan mental di wilayah tersebut, mengidentifikasi 8,7 persen pasiennya yang berisiko bunuh diri atau melukai diri sendiri. Tahun lalu, angkanya naik menjadi 14,3 persen. Lebih dari sepertiga klien melaporkan merasa terisolasi atau kesepian, naik lima persen dari tahun sebelumnya.


Saat ini dikhawatirkan jumlahnya akan meningkat lagi pada tahun 2020 karena isolasi yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Andrew Dean menunjukkan bahwa beberapa orang bahkan belum meninggalkan peternakan mereka selama enam minggu.


Dengan memadukan keahliannya sebagai pelatih kebugaran pribadi dan pekerja sosial, Dean mengajak warga sekitar untuk beraktivitas. Tujuannya untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mental masyarakat. Dean menambahkan bahwa dia telah melihat perubahan pada individu. Kepercayaan diri mereka juga tumbuh, lanjutnya.


Sedangkan di kota Cressy, “Petani Aktif” dibentuk sebagai sarana untuk meningkatkan kesehatan mental dan fisik penduduk pedesaan.


Margie Heard, trainer di Active Farmers, mengatakan, "Menurut saya, hal yang paling menarik adalah melihat konektivitas dan ketahanan sosial dibangun di masyarakat."


Organisasi profesional Latihan dan Ilmu Olahraga Australia menginginkan ahli fisiologi olahraga yang lebih terakreditasi yang berbasis di pedesaan dan regional Australia. CEO-nya, Anita Hobson-Powell berkata, "Sebenarnya tidak ada cukup dana untuk pencegahan dan upaya membantu warga menjadi lebih aktif, dan terutama mereka yang membutuhkan bantuan itu."


Pelatihan intensif yang dilakukan berdampak positif terhadap kesehatan mental serta kekompakan dan solidaritas sosial. Tapi ini belum cukup.


Di banyak kota dan tempat lain di Tasmania, klub olahraga yang penting untuk mencapai tujuan tersebut mulai ditiadakan.


Lebih sedikit kesempatan kerja, peningkatan biaya hidup mengakibatkan banyak klub tutup. Pandemi COVID-19 juga mengakhiri beberapa klub lama.


Namun klub sepak bola Campania tetap bertahan. Ketua klub, Steven Denny, mengatakan klub tetap berjalan karena masih banyak warga lokal dan orang tua yang datang ke klub tersebut sepanjang waktu. Ia menyadari bahwa Campania sepertinya masih menjadi tempat pertemuan penting bagi kalangan tersebut. Ia ingin hubungan dalam masyarakat tetap kuat, bahkan di masa-masa sulit. (VOA)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Olahraga Membantu Meningkatkan Kesehatan Mental

Terkini

Iklan