Biden, Trump Melakukan Upaya Terakhir untuk Mendapatkan Pemilih | Borneotribun.com -->

Senin, 02 November 2020

Biden, Trump Melakukan Upaya Terakhir untuk Mendapatkan Pemilih

Trump Melakukan Upaya Terakhir untuk Mendapatkan Pemilih
Presiden AS Donald Trump saat melakukan kampanye di Butler, Pennsylvania, AS, 31 Oktober 2020. (REUTERS / Shannon Stapleton)

BorneoTribun | Internasional - Bulan-bulan kampanye semakin mendekati hari terakhir, Senin (2/11), bagi calon presiden AS untuk meyakinkan pemilih yang belum menentukan pilihan dan mendesak pendukungnya untuk memilih.

Presiden Donald Trump dan mantan Wakil Presiden Joe Biden mengadakan acara di beberapa negara bagian yang termasuk paling penting dalam menentukan hasil pemilihan hari Selasa.

Yang setara dengan persinggahan mereka adalah Pennsylvania, negara bagian di mana Biden unggul dalam beberapa jajak pendapat baru-baru ini tetapi dimenangkan oleh Trump pada 2016. Pemenang di Pennsylvania mendapat 20 dari 270 suara elektoral yang dibutuhkan seorang kandidat untuk memenangkan masa jabatan empat tahun di DPR. Putih.

Trump mengadakan rapat umum di Bandara Internasional Wilkes-Barre Scranton, sementara Biden akan berbicara kepada para pendukungnya di acara drive-in, penonton tetap berada di mobil mereka, di Pittsburgh.

Presiden AS Donald Trump saat kampanye di Butler, Pennsylvania, AS, 31 Oktober 2020. (REUTERS / Shannon Stapleton)

Perhentian lain untuk Biden pada hari Senin adalah di Ohio, negara bagian dengan 18 suara elektoral, di mana jajak pendapat menunjukkan posisi kandidat hampir sama.

Trump juga akan melakukan perjalanan ke Carolina Utara, tempat persaingan sengit, dan dua negara bagian lainnya, Michigan dan Wisconsin, tempat Biden unggul dalam jajak pendapat baru-baru ini di negara bagian yang merupakan bagian penting dari kemenangan Trump tahun 2016.

Hasil pemilu tidak akan diumumkan secara resmi hingga beberapa minggu kemudian. Penghitungan tenggat waktu berbeda-beda di setiap negara bagian, dengan beberapa tenggat waktu pelaporan dalam seminggu, tetapi banyak yang tidak mengharuskan hasil akhir dilaporkan hingga akhir November atau awal Desember.

Di sebagian besar pemilu, pemenang sudah diketahui dengan jelas sebelum hasil resmi diumumkan, dengan berbagai organisasi media membuat proyeksi dalam tabel untuk setiap daerah pemilihan. Tahun ini jumlah pemilih yang memberikan suara awal mencapai rekor, setidaknya 94 juta pada Minggu malam. Dan dengan begitu banyak suara yang diberikan melalui pos karena takut akan virus corona, penghitungan di beberapa negara bagian bisa lebih lambat dari biasanya.

Kandidat presiden Partai Demokrat AS, mantan Wakil Presiden Joe Biden dalam kampanye "Souls to the Polls" di Gereja Baptis Sharon, Philadelphia, Minggu, 1 November 2020. (AP / Foto Andrew Harnik)

Trump telah mengkritik putusan pengadilan yang mendukung ketentuan di beberapa negara bagian yang mengizinkan penghitungan surat suara jika diberi cap pos pada hari pemilihan dan tiba pada waktu tertentu setelahnya. Dia mengulangi keberatannya dalam kampanyenya pada hari Minggu, dengan mengatakan, tanpa bukti, "Saya pikir banyak penipuan dan penyalahgunaan dapat terjadi."

Dia mengindikasikan tim kampanyenya sedang mempersiapkan gugatan untuk penghitungan dini surat suara yang diberikan di Pennsylvania, yang merupakan subjek keputusan Mahkamah Agung pekan lalu.

"Kami akan maju pada malam hari, setelah pemilu selesai. Kami akan pergi bersama dengan pengacara kami," kata Trump kepada wartawan sebelum unjuk rasa di North Carolina.

Dia juga menyatakan ketidakpuasan atas fakta bahwa hasilnya tidak segera diketahui. Dia mengatakan kepada wartawan sebelum rapat umum di North Carolina, "Saya rasa tidak adil kita harus menunggu begitu lama setelah pemilihan."

Kampanye Trump di 5 Negara Bagian, Biden Berfokus di Pennsylvania

Trump menolak laporan Axios, mengatakan tidak benar bahwa dia telah memberi tahu orang-orang tepercaya bahwa dia akan menyatakan kemenangan pada malam pemilihan, meskipun hasilnya belum jelas.

Sementara itu, Demokrat Joe Biden mengomentari laporan itu di sela-sela penghentian kampanyenya hari Minggu di Philadelphia. "Presiden tidak akan mencuri pemilu ini," kata Biden.

Di Philadelphia, Biden juga mengulangi kritiknya terhadap tanggapan pemerintahan Trump terhadap pandemi virus korona, yang telah menewaskan sekitar 231.000 orang dan menginfeksi lebih dari 9,2 juta di AS, terbesar di dunia, catatan Universitas Johns Hopkins.

“Sebenarnya untuk mengalahkan virus itu, kita harus mengalahkan Donald Trump dulu,” lanjut Biden. "Dia virusnya." (VOA)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar