Kampanye Trump di 5 Negara Bagian, Biden Berfokus di Pennsylvania | Borneotribun.com -->

Senin, 02 November 2020

Kampanye Trump di 5 Negara Bagian, Biden Berfokus di Pennsylvania

Presiden Donald Trump menyapa para pendukungnya saat berkampanye di Bandara Dubuque
Presiden Donald Trump menyapa para pendukungnya saat berkampanye di Bandara Dubuque, Iowa, Minggu, 1 November 2020. (Foto: Charlie Neibergall/ AP)

BorneoTribun - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan saingannya dari Partai Demokrat, mantan wakil presiden Joe Biden, mengunjungi beberapa negara bagian yang diperebutkan pada Minggu (1/11) untuk menggalang dukungan. Kampanye tersebut berlangsung dua hari sebelum puncak pemilihan presiden AS pada Selasa (3/11).

Trump mulai mengunjungi lima negara bagian di Michigan, negara bagian yang dimenangkannya dengan selisih 11.000 suara pada tahun 2016 melawan Hillary Clinton.

Trump akan membuat dua penampilan lagi di Michigan pada hari Senin, termasuk berkampanye pada malam hari di Grand Rapids yang didominasi konservatif.
Joe Biden, calon presiden AS yang diusung Partai Demokrat
Joe Biden, calon presiden AS yang diusung Partai Demokrat, berbicara di kampanye drive-in di Gereja Baptis Sharon, Philadelphia, Minggu, 1 November 2020. (Foto: Andrew Harnik/AP)

Namun, jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan Biden unggul dari Trump di Michigan dan Wisconsin dan juga sedikit unggul di Pennsylvania. Ketiganya secara tradisional adalah negara bagian Demokrat yang dimenangkan Trump dengan selisih tipis empat tahun lalu. Namun, Biden berusaha merebut ketiga negara bagian tersebut.

Ketiga negara bagian ini penting karena jika Biden memenangkan ketiganya dan semua negara bagian lain yang dimenangkan Clinton pada tahun 2016, dia akan memenangkan pemilihan presiden. Hari ini, jajak pendapat menunjukkan Biden unggul di seluruh negara bagian yang dimenangkan Clinton. Situasi ini membuat Trump sulit memenangkan masa jabatan kedua.

Baik Trump dan Biden telah sering mengunjungi ketiga negara bagian tersebut. Trump mengadakan empat acara kampanye di Pennsylvania pada hari Sabtu. 

Sementara itu, Biden menghadiri dua acara kampanye pada Minggu (1/11) di kota terbesar negara bagian itu, Philadelphia, yang didominasi oleh Partai Demokrat. Kekuasaan Trump di Pennsylvania terkonsentrasi di daerah pedesaan yang lebih konservatif dan kota-kota kecil.

Setelah singgah di Michigan, Trump berkampanye di negara bagian lain yang diperebutkan dengan panas, Iowa. Di negara bagian ini, jajak pendapat baru-baru ini menunjukkan presiden di depan Biden. 

Selain itu, Minggu (1/11), Trump mengunjungi negara bagian Carolina Utara, Georgia, dan Florida. Trump memenangkan tiga negara bagian pada 2016 dan kemungkinan besar akan memainkan peran penting dalam menentukan hasil pemilu pada Selasa (3/11).

Jajak pendapat nasional terus menunjukkan Biden di depan Trump, dengan sekitar 8 poin persentase. Menurut Elections Project, hingga Minggu (1/11) sore, lebih dari 93 juta pemilih telah menggunakan hak pilihnya. (VOA)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar