Manfaatkan Lahan Kosong, Satgas Yonif 642/KPS Ajak Warga Temajuk Berkebun | Borneotribun.com -->

Rabu, 16 Desember 2020

Manfaatkan Lahan Kosong, Satgas Yonif 642/KPS Ajak Warga Temajuk Berkebun

Manfaatkan Lahan Kosong, Satgas Yonif 642/KPS Ajak Warga Temajuk Berkebun. (Foto: Istimewa)

Borneo Tribun | Kalbar - Satgas Pamtas RI-MLY Yonif 642/Kps Pos Temajuk bersama warga setempat memanfaatkan lahan kosong dengan menanam sayuran dan Tanaman Obat Keluarga (Toga) di Dusun Maludin, Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Pos (Danpos) Temajuk Letda Inf Ryan Hidayat bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kebun Toga Kapuas.

Demikian diungkapkan Dansatgas Yonif 642/Kps Letkol Inf Alim Mustofa dalam rilisnya di Pos Kotis Entikong Kabupaten Sanggau. Senin (14/12/20).

Dansatgas mengatakan bahwa kegiatan yang dilakukan Pos Temajuk di Dusun Maludin tersebut sebagai bentuk kepedulian Satgas Yonif 642/Kps khususnya Pos Temajuk untuk membantu perekonomian masyarakat setempat. 

"Lahan yang ada kita manfaatkan sebagai program ketahanan pangan di masa pandemi seperti ini untuk membantu perekonomian masyarakat." Ungkap Dansatgas.

Sementara itu ditempat terpisah, Danpos Temajuk Letda Inf Ryan hidayat menjelaskan bahwa Kelompok Wanita Tani merupakan salah satu kelompok tani di Desa Temajuk yang memanfaatkan dan mengelola lahan yang berada di samping Pos Satgas Temajuk. 

"Lahan tersebut kita manfaatkan untuk menanam berbagai macam tanaman seperti timun, kacang panjang, cabe, tomat, terong, buah naga, dan juga menanam berbagai jenis tanaman obat seperti jahe, lengkuas, dan kencur," Ujar Danpos.

Selanjutnya Danpos mengatakan tujuan dibentuk kelompok tani tersebut agar masyarakat dapat memanfaatkan lahan milik Pos Satgas sebagai ketahanan pangan dimasa Pandemi Virus Covid-19."Hasil panen ini nantinya akan dimanfaatkan kami bersama warga untuk membantu kebutuhan dapur sehari-hari," ungkap Letda Inf Ryan Hidayat.

Sekretaris Desa Temajuk dan juga selaku Ketua Kelompok Wanita Tani, Sriliza, S.Pd.I, M.Pd, mengucapkan terimakasih kepada personil Satgas karena telah bekerja sama dengan masyarakat Desa Temajuk khususnya dalam kegiatan berkebun yang memanfaatkan lahan kosong seperti ini yang berguna untuk membantu perekonomian warga.

(YK/LB)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar